dita's Pensieve

a place to store and review my random memories

Wanita. Hormon. dan Pria.

dari sepotong artikel yang pernah saya baca beberapa tahun lalu, dikatakan bahwa hormon wanita sangat berperan dalam tingkah dan prilaku seorang wanita. seperti yang sudah kalian ketahui, dalam siklus bulanan wanita, ada masa yang dinamakan PMS atau Premenstrual Syndrom. Premenstrual syndrom itu apa sih? PMS adalah alasan pembenaran suatu tindakan yang dilakukan pada masa pe menstrual… bener tidak… ;)) nah arti yang sesungguhnya adalah kumpulan gejala yang terjadi sebelum menstruasi. gejala yang terjadi meliputi fisik, psikis dan emosional. PMS itu sendiri terjadi karena pengaruh pergantian hormon dalam tubuh wanita. dan banyak sekali hormon yang berperan didalamnya… nah yg ingin dibahas sekarang tuh bukan soal PMS nya melainkan soal Hormone. ya Hormone

hormon Estrogen & Progesterone. fungsi hormon tersebut adalah mempersiapkan dinding rahim memasuki masa ovulasi / pelepasan sel telur, untuk kemudian mempersiapkan bersatunya sel sperma dengan sel telur. dan membuahkan kehamilan (itu kalau pembuahannya berhasil). nah mempersiapkannya seperti apa aja sih? kalau kita membuka menstrual cycle chart kita bisa melihat : menebalnya folikel dinding rahim, guna menampung si calon janin kelak, melepas ovum (sel telur), selain itu juga mempengaruhi mukus (lendir) sekviks dan lapisan epitel vagina… (jangan tanya semua itu apa :| )

ok lanjutt… ternyata… si hormon itu punya tugas terselubung lainnya… ;))

balik ke artikel yang saya sebutkan diatas sekali… disitu disebutkan, bahwa hormon tersebut membuat wanita yang memasuki siklus setelah menstruasi biasanya mencari / mendekati sesosok Pria mapan. Definisi dari pria mapan disini artinya adalah pria yang lebih baik dari yang mereka miliki (suami atau pacar) apalagi kalau lelaki mereka itu emang terbukti kurang kompeten dalam memberikan rasa aman.

lha? apa hubungannya rasa aman sama hormon? hormon yg saya sebut diatas kan fungsinya mempersiapkan tubuh wanita untuk menjadi seorang ibu… nah secara naluri, wanita tentu ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk mencari Bapak terbaik… :D

Bapak terbaik??? ya ndak secara harfiah siihh… apalagi kalau ybs udah punya misua.. maksud disini lebih ke kayak naluri alam binatang… kan kalau binatang ada musim kawin tuh, kalo pas musim kawin gitu, biasanya wanita nya kan yang pergi mencari pria… si wanita memilih pria mana yang layak membuahinya… nah kurang labih sama lah sama hewan… cuman bedanya, kalau manusia cuman bisa nikah sekali (yang resmi).

Girls coba deh perhatikan… pada saat kelar Menstruasi… gimana suasana hati kalian??? seperti siap untuk menaklukan dunia bukan? (termasuk menaklukan pria) itu semua karena tubuh kalian sedang mempersiapkan tempat tumbuh bagi seorang bayi… :D coba inget-inget bagai mana rasanya? apakah saat itu kalian ingin mendusel-ndusel sorang pria yang terlihat sangat gagah dan mapan didepan mata, sedang pasangan sendiri jadi terlihat kurang menggairahkan (tidak berlaku bagi yang mempunyai pasangan mapan *secara ekonomi, sexual, fisik, maupun psikologis*, tampan, dll). padahal hal itu hanya terjadi saat itu saja (waktu tepatnya hanyalah 1 hari atau 2 hari) setelah itu kembali normal seperti biasa…

Nah ternyata ada satu lagi hormone yang berguna (berfungsi) dalam tarik-menarik rasa dalam suatu hubungan. yaitu Pheromone. bagi beberapa orang yang mungkin belom tau apa itu pheromone, Pheromone adalah zat kimiawi yang dikeluarkan oleh tubuh kita, memberikan pengaruh tertentu pada perilaku orang lain. … Pheromone = hormone “to bear”. balik lagi kemasalah hewan tadi… setiap mahluk hidup masti memiliki pheromone, yang gunanya adalah untuk memikat lawan jenis… dan tak lupa manusia juga memiliki nya… gunanya juga untuk memikat lawan jenis :D

Pheromone dapat membantu wanita menemukan si Mr. Right…luchunya menurut survey, wanita otomatis memilih pria yang memiliki aroma berbeda dari anggota keluarga nya, dan ternyata ini sendiri merupakan seleksi alam, agar kita tidak menikah dengan kerabat terdekat kita sendiri.

selain itu androstadienone (salah satu jenis pheromone yang dimiliki pria) dapat membuat terangsang wanita yang menghirup aroma nya… waw…

Jadi begitulah… bahkan ikatan paling dasar aja di dunia ini hubungan antara wanita dan pria sudah diatur sedemikian rupa dalam tubuh kita… hebat ya … bisa melakukan seleksi alam sendiri, bahkan dalam mencari pasangan hidup pun, pepatah “cinta datang dari mata turun ke hati” tanpaknya salah… mungkin yang tepat adalah, dari hidung masuk ke hati.. gyahahahahaha….

==================================

dikopas dari tulisan sendiri di ngerumpi[dot]com

kalau pengen lihat semua postingan di-ta di ngerumpi, bisa baca disini :-)

kalau ingin lihat rumpian yang seru-seru langsung aja ke TKP, dan kalo pengen komen postingan ini disana (biar lebih seru karena bisa memberi rating segala) lansung menuju link diatas yah… (evilsmirk)

10 Comments on Wanita. Hormon. dan Pria.

  1. Anonymous
    January 1, 1970 at 7:00 AM (44 years ago)
  2. Dita Firdiana
    July 15, 2009 at 8:02 PM (5 years ago)

    eh ini sebenernya tulisan dita di ngerumpi… :Dhttp://ngerumpi.com/baca/2009/07/12/wanita-hormon-dan-pria

  3. mobil bekas
    July 16, 2009 at 5:30 PM (5 years ago)

    Wah.. artikel ini membuktikan bahwa semua memang sudah diatur sama Yang Maha Kuasa yah.. bahkan sampai ke hormon pun diciptakan dengan maksud-maksud tertentu..

  4. AngelNdutz
    July 17, 2009 at 7:51 AM (5 years ago)

    wkwkwkwkkwkwk…mbayol!!!

  5. Fany
    July 21, 2009 at 11:32 PM (5 years ago)

    oo yg cowok namanya androstadienone ya.. aku taunya cuma feromon. cewek emang kalo udah ketemu bau cowok yg tepat bisa klepek-klepek… hihihi..