Waikiki Aloha

waikiki-alohaBuku terbitan tahun 1990 (yak tepat 20 tahun yang lalu) karya pengarang favorit saya, yaitu Marga T. Telah menggantikan buku bacaan yang harusnya saya baca minggu lalu. Waikiki Aloha judulnya. Berisi kumpulan satir, yang sudah dapat dipastikan issue nya udah ndak up to date lagi dengan kondisi sekarang ini. But it always nice to read one of her book, so no problemo lah…

Sekedar tambahan, diriku pertama kali membaca buku nya Marga T waktu SMP. Karmila judulnya. Sebuah novel yang sangat terkenal setelah Badai Pasti Berlalu. Karena sempat difilmkan tahun 70-an. Selanjutnya, saya jatuh cinta sama hampir semua tulisan Marga T dan mulai mengkumpulkan buku-bukunya. Tentu saja dengan berkelana di kios-kios yang menjual buku bekas. Saat ini mungkin 70% (ntar dihitung lagi tepatnya berapa) dari total judul buku yang dia tulis, sudah duduk manis di antara tumpukan koleksi buku saya.

Ok. Bukunya Marga T terakhir yang saya beli adalah Waikiki Aloha, bekas pastinya. Ada 7 bab didalamnya dan tiap bab memiliki inti cerita sendiri, walau tokoh yang terlibat didalamnya, ya dia-dia juga dari bab pertama sampai beb terakhir. Kalau saat ini kita hidup di tahun 1990, isinya nampol banget kali ya?? Sangat up to date. Kalau dimisalkan sama keadaan sekarang ini mungkin se-HOT cicak-buaya, bank century, bahkan pembobolah ATM. But, karena dibacanya sekarang, jadi cuman bisa buat lucu-lucuan aja.

Tokoh utama:
Oom Robby waraska seorang jutawan yang mata keranjang, dan suka sogok sana-sini biar proyeknya lancar.
Tante Tina, istri Om Robby, yang punya usaha berlian. Dan punya banyak relasi, diantaranya tante Betti
Yasmin, putri kesayangan Oom Robby dan Tante Tina.
Joni Biru, kaki tangannya Robby Waraska yang paling dia percaya.
Rigor Obala, salah satu pegawai Oom Robby dan Tinia, istri Rigor.
Pak Gopal Ceria yang konservatif dan ibu Agatha.
Dan Figuran lainnya.

Bab 1. Waikiki Aloha
Rencana pemasangan telepon yang gagal padahal udah nyogok, disertai dengan musibah yang menimpa istrinya yang kehilangan kalung berlian titipan seharga 100.000 dollar. Bikin Robby Waraska sakit kepala. Soalnya keuntungan yang didapat, tadinya mau dipake bersenang-senang ke Hawai dengan cem-cemannya terancam batal. Cerita yang berakhir cukup tragis tapi lucu kalau menurut saya. Karena kalung berlain “palsu” yang dipakai buat nyogok ternyata asli. Terus, gimana proyek pemasangan telepon tersebut?

Bab 2. Jutawan Semalam
Rigor ngajak makan malam istrinya ke restoran mewah, pakai kartu membernya Oom Robby. Tinia seneng tapi sekaligus takut, karena gak punya pakain yang pantas buat makan ditempat itu. Mereka sibuk beli2 segala macam biar pantas, termasuk dengan cara ngutang-ngutang di kantor. Ternyata sesampainya di restoran, mereka way OVER Dressed. Lalu apakah mereka dapat menikmati santap malam istimewa tersebut?

Bab 3. Demo
Gopal punya prinsip ndak bakal pernah ngutang. Gak mau punya Kartu Kredit, dan segala jenis utang-utang lainnya. Agatha, istrinya terjebak dalam sebuah demo masak, yang memamerkan teknologi Panci, dan Wajan terbaru dan end up dengan menyicil peralatan masak tersebut. Kenapa bisa begitu?

Bab 4. Hidup Kembali
Tina divonis kena tumor otak sama dokternya. Ketika itulah, Robby tiba-tiba merasakan, bahwa selama ini dia telah menyia-nyiakan istrinya dengan bersenang-senang dengan banyak wanita lain. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersama, untuk menghargai sedikitnya waktu yang tersisa. Dan ternyata akhir hasilnya berbeda dari bayangan orang. Bagaimanakah itu?

Bab 5. Pengemis Intelek
Oom Robby gak percaya sama keloyalan anak buahnya bener2 karena hormat sama dia sebagai manusia, oleh karena itu, dia pura-pura jadi gembel dan berpetualang melewati seluruh rangkaian kegiatan hariannya. Gimana hasil petualangan tersebut? Lalu bagaimana prilaku anak buahnya terhadap “dirinya”

Bab. 6 Berat-Berat Enteng
Oom Robby dan tante Tina saling ngotot akan calon mantu pilihan mereka, bawaannya Oom Robby adalah pengusaha sukses yang kaya raya yang punya showroom mobil. Sedang pilihan tante Tina adalah seorang mahasiswa sangat sederhana yang tidak mementingkan harta sama sekali dan baik hati. Siapa yg akhirnya paling cocok buat Yasmin?

Bab. 7 Bingo, oh Bingo
Oom Robby punya anjing kesayangan bernama Bingo. Disisi lain, Oom Robby ternyata hobi menyantap daging “Asu”. Hingga suatu ketika, dia akan mengadakan jamuan santap malam buat relasi bisnisnya dan menginginkan hidangan daging anjing sebagai menu utama. Sang istri sangat kesal. Dan ketika tamu-tamu sudah pada pulang, Bingo tidak ada. Kemana Bingo? Apakah dimasak oleh tante Tina?

Secara keseluruhan cerita-cerita didalamnya sangat lucu apalagi kalau bacanya tahun 1990. Kalau tertarik, boleh kok pinjem punya saya. Hehe…

11 comments

  1. catila says:

    Suka Marga T. juga ya dit?
    dari aku kecil, Mama udah baca bukunya Marga T.
    sempet sebel jg soalnya jd lupa masak…
    wktu SMA coba-coba baca eh jd ketagihan…
    klo waikiki aloha ini kurang nampol, biasa aja..
    yang lucu Marga T. itu pnya tokoh yg saling bHub-s dari buku satu ke buku lainnya… kyk ‘arisan’ para dokter he…
    jgn2 mau jd dokter t;inspirasi dr novel2nya Ibu Marga ya dit?
    .-= catila´s last blog ..“Gandhi di Yerusalem?” =-.

Comments are closed.