Use Your Gadget Wisely While Driving

Sebagai pengemudi di kota besar biasanya gadget menjadi benda yang tak asing lagi. Gadget setia menemani kita disaat terjebak kemacetan yang tak tahu ujung pangkalnya. Dengan kehadiran gadget, apapun bentuk dan merknya, saat-saat berkendara tidak lagi se bosan dulu. Dan karena gadget lah kita mudah mengetahui info-info disekitar kita, yang sebelumnya biasa kita peroleh melalui radio saja. Contoh paling gampang, infolalulintas yang selalu kalian akses untuk me “lapor” kondisi lalu lintas yang kalian lewati, atau untuk ber”tanya” kepadatan kendaraan di suatu wilayah jalanan yang hendak kita lewati, tentunya di akses melalui gadget.

Menggunakan gadget tentu banyak manfaatnya, seperti mengusir kebosanan saat macet, mencegah datangnya kantuk ketika menyetir atau sekedar memperlancar komunikasi serta pekerjaan. Tapi, karena gadget pulalah, banyak sekali kecelakaan yang terjadi. Beberapa waktu yang lalu sempat heboh tilang karena penggunaan ponsel (gadget) saat berkendara, karena aktifitas tersebut dinilai melanggar pasal 283, UU No. 22 tahun 2009.

Peraturan yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”, sebenarnya sudah efektif sejak tahun lalu.

Tetapi tentunya seperti yang kita ketahui bersama, hingga saat ini pengendara yang menggunakan HP saat mengemudi masih saja ditemui. Agar kita semua dapat mematuhi aturan tersebut demi keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, maka ada beberapa tips agar bisa terhindar dari pasal tersebut.

1. Gunakan gadget ketika kendaraan berhenti pada saat lampu lalu lintas berwarna merah.
2. Gunakan gadget pada saat kendaran berhenti karena macet.
3. Bila sangat terpaksa untuk mengirim sesuatu melalu gadget, tidak ada salahnya untuk menepi sejenak.
4. Bila terpaksa untuk mengangkat panggilan telepon atau melakukan panggilan, gunakan handfree atau bluetooth headset.
5. Bila anda mengendarai motor, hati-hati dalam menggunakan gadget, karena menggundang terjadinya penjambretan.
6. Bila anda mengendarai mobil, pastikan seluruh pintu mobil anda terkunci ketika sedang menggunakan gadget, karena hal tersebut juga mengundang terjadinya perampokan.
7. Bila memang tidak terlalu perlu, jangan gunakan gadget, utamakan keselamatan

Least but not least, always remember to drive and text safely!

—————————-

Posting pertama untuk blog Infoll
Image courtesy: Ronylantip (bloggerngalam)

13 comments

  1. Arief Maulana says:

    Paling mangkel kalau ada orang pake gadgetnya sampe mengganggu lalu lintas jalan. Terutama pengendara sepeda motor yang SMSan -__-“. Pengen tak tabrak aja rasanya.

  2. lindaleenk says:

    aku paling sebel klo pas dijalan ngeliat yg nyetir sambil berhape ria
    berharap punya kekuatan buat nyentil mreka biar shock dan sadar :p

    klo pas lampu merah itungannya lama,kadang ngecek hape,trs klo dah mau ijo ya masukin lagi si hape ;P
    lindaleenk recently posted..Dua keponakan lucuk -3-

  3. devieriana says:

    kalo pulang aku sering nebeng temen yang pulangnya satu jurusan. Nyetirnya juga sambil bbm-an, kadang teleponan juga. Malah pernah pas calon suaminya masih di luar negeri dan mereka berkomunikasi via YM itu leptop sampe dibuka di jok depan lho (dan saya terpaksa duduk di belakang) :|
    *tepok jidat*

Leave a Reply

CommentLuv badge