Uang Elektronik Mandiri (e-cash)

uang-21Menurut Wikipedia, UANG dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang dimasyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Uang kemudian menjadi alternatif transaksi yang lebih mudah, lebih efisien daripada barter. Dengan terbitnya uang efisiensi yang didapatkan akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja sehingga kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran. Di Indonesia sendiri pemerintah menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal.

Nah masih pada inget jaman Bapak-Ibu kita dulu dimana hampir semua orang menggunakan uang kertas dan logam dalam melakukan transaksi (ya sampai sekarang juga masih banyak sih), selain penggunaan uang kertas, saya juga masih mengingat betapa dulu Bapak saya suka memberikan cek untuk bertransaksi, (ketika itu uang plastik, Debit Card belum terlalu terdengar keberadaannya) Atau terkadang menggunakan Credit Card ketika bertransaksi di tempat-tempat tertentu yang sudah menyediakan alatnya. Alatnya masih di gesek keras gitu, yang kartunya ditaruh di bagian bawah, kertas di bagian atas, setelah di gosok akan timbul embos dari nomer CC nya.

Tentunya seiring dengan perkembangan jaman, semakin tinggi pulalah tingkat transaksi dan kebutuhan kita akan uang. Dari yang awalnya hanya uang fisik (kertas dan logam), kemudian ada cek dan travel cek, terbitnya uang plastik Kartu Kredit dan Kartu Debit, dimana kita harus memiliki rekening di Bank yang berkait, lalu muncul lagi uang plastik prabayar dimana kita gak perlu punya rekenening di bank tersebut dan bisa diisi dengan gampang (seperti e-money-nya Bank Mandiri), hingga pulsa yang bisa beralih fungsi menjadi uang (seperti XL Tunai), dan sekarang wujud uang menjelma lebih sederhana lagi yaitu uang eletronik tanpa wujud fisik, tanpa perlu punya rekening.

Bila sebelumnya menggunakan Debit dan Credit Card jauh memudahkan transaksi, sehingga orang tidak perlu membawa bergepok-gepok uang tunai. Kemudian orang mulai mencari cara gimana menikmati transaksi yang praktis bila nominal yang dibutuhkan hanyalah receh seperti untuk jajan minuman ringan, bayar busway, tol, commuterline, belanja di mini market, maka terbitlah kartu-kartu plastik prabayar (e-money) yang untuk penggunaannya tidak memerlukan verifikasi pin, atau tanda tangan. Nah masalah yang timbul selanjutnya karena semakin banyak bank yang mengadopsi cara ini maka semakin banyak pulalah kartu yang kita miliki, sehingga dompet kita sesak dengan berbagai kartu (sebagai pengganti uang) tersebut.

3handphone-mainInovasi terbaru di era digital ini adalah transformasi dari uang eletronik sebelumnya yang berevolusi dalam bentuk digital (menjadi e-cash). Kita tak lagi membutuhkan kartu untuk bertransaksi, karena uangnya ada di dalam ponsel kita. Siapa yang gak punya ponsel? Pasti semua punya ya, dan gak harus ponsel pintar (Smart Phone).

Mandiri e-cash adalah uang elektronik di handphone kamu yang dapat digunakan tanpa harus membuka rekening bank.
Apapun jenis handphone-mu, nikmati kemudahan berbelanja dan penawaran menarik di toko online dan gerai mitra kami.

Kenapa gak perlu membuka rekening. Karena nomor ponsel lah yang akan jadi nomor rekeningnya. Gak ribet kan!

gampang-dapat1Jika kamu menggunakan Smartphone, download aplikasi mandiri e-cash yang tersedia untuk platform iOS, Android, dan BlackBerry, atau kamu juga bisa menghubungi *141*6# dari  handphone apapun untuk menikmati semua keuntungan mandiri e-cash.

Dengan kemudahan-kemudahan itu, kita dapat dengan mudah mengirimkan uang. Gak perlu mampir ke bank atau ATM juga gak perlu repot mencari token untuk internet banking, atau menghafal kata kunci SMS banking.

Kalau saldo habis gimana? Tidak perlu bingung mencari tempat isi ulang mandiri e-cash kamu. Kamu bisa isi ulang via mandiri atm, mandirisms, mandiri internet dan mandiri clickpay. Jika kamu tidak memiliki rekening mandiri, kamu juga bisa isi ulang viatransfer dari atm bank mana saja atau di gerai mitra mandiri.

Mau ngirim uang untuk orang tua, gebetan, pacar atau istri/suami? gak rempong, karena nomer rekening adalah nomer ponsel mereka. Jadi nomor e-cash orang terdekatmu akan selalu berada di saku. IMG_7567

Terus e-cash bisa buat apalagi? Belanja online, isi pulsa, beli tiket, bayar listrik,  delivery makanan, belanja di gerai mitra mandiri e-cash atau apapun kebutuhan transaksi kamu, mandiri e-cash memberikan kemudahan dalam pemakaian. Saat ini tersedia lebih dari 50 mitra yang menerima pembayaran mandiri e-cash. Klik disini untuk tau tenan apa saya yang bisa transaksi dengan e-cash >> http://mandiriecash.co.id/home/pakai-e-cash-di-sini/

Tanpa uang tunai dan kartu ATM di dompet, kita masih bisa pakai e-cash. Kalaupun ternyata masih butuh uang tunai, tarik aja e-cash-nya di ATM mandiri terdekat.. Gampang banget kan!

e-cash ini bakal berguna banget buat saya yang punya usaha online, jadi pembeli gak perlu repot-repot menghapalkan banyak nomer, cukup nomer telpon saya saya (sebagai sarana komunikasi, dan transaksi).

Kamu kira-kira butuh e-cash buat apa?

One comment

Leave a Reply

CommentLuv badge