Trivia Disney Snow White


Jadi akhir-akhir ini saya suka sekali nge-pinned Disney Character with a Twist di akun Pinterest milik saya. Sedari kecil, saya dibesarkan dengan menonton film-film Disney Classic melalui kaset betamax, Ibu saya rajin meminjam, membeli atau bahkan mengopi film-film tersebut dari temannya yang sama-sama memiliki anak seumuran. Ketika mencari gambar-gambar Karakter Disney tersebut, secara tidak langsung saya tyerhanyut diantara begitu banyak gambar, apalagi yang berasal dari film Disney yang awal-awal seperti Snow White and the Seven Dwarfs, Pinocchio, Bambi, Dumbo, Cinderella, Alice in Wonderland, Peter Pan, Lady & the Tramp, Sleeping Beauty, dan masih buanyaaaakkk lagi film Disney lainnya.

Setelah saya cukup besar dan teknologi mulai bergeser, cara menonton berubah tidak lagi memakai kaset betamax, melainkan dengan memutar Laser Disc, tentunya tetap film Disney yang diputarkan Ibu untukku. Puncaknya, adalah menonton bioskop pertama kali. Film apakah yang saya tonton ketika itu? Little Mermaid.

Meng-googling gambar-gambar karakter disney selain membawa saya kembali ke masa kecil, juga mengingatkan saya betapa masa kecil saya dipenuhi cerita-cerita Fairytale. Nah, berhubung Snow White and the Seven Dwarfs merupakan film tertua Disney yang pernah saya tonton, saya tergelitik untuk sedikit memberikan trivia soal #SnowWhite di twitter beberapa hari yang lalu.

Berikut recaps twit-twit saya tentang #SnowWhite #Disney:

Anggota #Disney Princesses yg pertama & termuda adalah Snow White. #SnowWhite berumur 14 thn & memiliki suara yg indah.

#SnowWhite adalah karakter fiksi dan protagonis utama dari film pertama animasi Walt #Disney “Snow White and the Seven Dwarfs” (1937)

Cerita #SnowWhite berasal dari dongeng yg dikenal dr berbagai negara di Eropa, versi yang paling terkenal versi Jerman oleh Brothers Grimm.

#SnowWhite and the Seven Dwarfs #Disney tayang perdana di the Carthay Circle Theatre, 21 Desember 1937.

Walt #Disney mengalami kesulitan mencari suara yg cocok utk #SnowWhite. Lalu direktur casting Disney nelepon Guido Caselotti utk membantunya

Ga sengaja mendengar percakapan, Putri Caselotti, Adriana mengangkat telepon lalu bernyanyi & berbicara dg suara gadis muda.

Merasa malu, Guido menyuruh putrinya untuk menutup telepon, tetapi direktur casting sudah langsung mengundangnya untuk audisi #SnowWhite.

Setelah Walt #Disney mendengarnya, maka resmilah Adriana menjadi pengisi suara #SnowWhite

Antagonis utama Sang Ratu jahat yang juga Ibu Tiri #SnowWhite sesungguhnya memiliki nama… Yaitu, Queen Grimhilde.

Sang Pangeran yg kemunculannya sgt sedikit di film #SnowWhite, sesungguhnya tidak diceritakan memiliki nama, dia hanya disebut “The Prince”

The Prince (Sang Pangeran) pertama kali melihat #SnowWhite ketika dia bernyanyi di depan sumur, lalu jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dan The Prince (Sang Pangeran) muncul lagi di akhir cerita ketika membangunkan #SnowWhite yang telah memakan aple beracun.

Nama dari ketujuh Kurcaci di #SnowWhite#Disney adalah: Doc, Grumpy, Happy, Sleepy, Bashful, Sneezy, Dopey (Urut dari yang paling tua)

Dopey adalah satu2nya kurcaci yg ga berjenggot. Dia canggung dan “bisu”. Happy menjelaskan kalau Dopey “never tried to speak“.

Konon kondisi dan nama-nama dari ketujuh kurcaci tersebut di gosipkan sebagai tanda yang menggambarkan tahapan orang kecanduan Mariyuana.

#SnowWhite and the Seven Dwarfs menjadi film Amerika pertama yang memiliki album soundtrack, dirilis bersamaan dengan filmnya.

Sebelum #SnowWhite and the Seven Dwarfs, rekaman soundtrack film tidak pernah terdengar dan hampir gak ada pengaruhnya bagi film tsb.

Sountrack #SnowWhite dirilis Januari 1938 dg karakter yg sama n efek suara seperti dlm Filmnya & sejak itu tlh banyak mengalami pembaharuan

#SnowWhite muncul sebagai tamu di animated television series Disney’s House of Mouse. Dalam seri ini, ia disuarakan oleh Carolyn Gardner.

#SnowWhite juga muncul di bagian akhir “Who Framed Roger Rabbit” dan “The Lion King 1½”  nama lainnya The Lion King 3: Hakuna Matata.

#Disney menyarankan kepada staff nya untuk menonton banyak film sebagai referensi. Dari jenis yang Mainstream hingga film bisu Eropa.

Hingga akhirnya kita bisa melihat film #SnowWhite ini terinspirasi dari banyak sekali film lama.

Romeo and Juliet adalah salah satu contohnya, dimana #SnowWhite terbaring dalam peti mati kaca.

Selain itu influensi dari ekspresi2 dlm film German: film Nosferatu dan Cabinet of Dr. Calligari dapat terlihat di ekspresi wajah tokoh utama #SnowWhite

Adegan lain dlm #SnowWhite terinspirasi dari fil Dr. Jekyll and Mr. Hyde, ketika Queen Grimhilde berubah menjadi Penyihir jahat.

By the way, film Snow White and the Seven Dwarfs ini sendiri telah di re-releases berulang kali, pertama kali setelah Perang Dunia ke-2 di tahun 1944 dengan tujuan menaikan keuntungan studio Disney, selain itu film ini berulang kali di rilis ulang di Bioskop (bukan bioskop di Indonesia pastinya di tahun 1952, 1958, 1967, 1975, 1983, 1987 dan 1993. Dan bertepatan dengan 50 tahun sejak rilis pertama kali, Disney mengeluarkan Novel dari cerita ini, ditulis oleh penulis buku cerita anak, Suzanne Weyn.

Di tahun 1993, Snow White and the Seven Dwarfs menjadi film pertama yang di pindai seluruhnya ke dalam bentuk digital, dimanipulasi lalu di rekam kembali ke bentuk film. Film tersebut di restorasi sedemikian tupa agar tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti, tentunya juga dengan memperbaiki kualitas gambar dan warna.

Lalu pada 28 Oktober 1994, film ini di rilis dalam bentuk home video sebagai rangkaian Walt Disney Masterpiece Collection. film ini merupakan film terakhir sebagai film pertama Disney yang akhirnya dirilis sebagai home video. Snow White and the Seven Dwarfs akhirnya rilis dalam bentuk DVD pada 9 Oktober 2001, untuk pertama kalinya yang masuk ke dalam rangkaian  Disney’s Platinum Editions, lengkap dengan fitur-fitur spesial, dokumentasi pembuatan dan terdiri dari 2 keping DVD. Dirilis dalam bentuk Blu-ray Disc 6 Oktober 2009, film pertama Disney Diamond Editions, dan versi baru DVD rilis 24 november 2009. Versi Blu-ray nya memiliki beberapa fitur spesial tambahan yang sebelumnya tidak ada di DVD versi 2001.

Pada akhirnya di tahun 2010 untuk pertama kalinya Snow White and the Seven Dwarfs, disiarkan di televisi pada bulan Februari di “saudara” nya Disney corpotare yaitu ABC Family.

Setelah selesai mengumpulkan Trivia itu rasanya jadi pengen nonton ulang Snow White and the Seven Dwarfs nya Disney. Apalagi setelah mengetahui betapa sering nya film ini di rilis ulang. kayaknya Worth deh kalau beli DVD originalnya, sekaligus nostalgia masa kecil…  Yuk, :)

—————

Sumber dari sini dan sini. Gambar diambil dari sini

5 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge