Stylish, Spirited & Insightful Young Designers at JFW 10/11

First of all, I’m sorry because I don’t have a proper picture of this show. Zacky one of the designer invited me to watch this show, so I came and watch the show from tribune, not in media area.

Pada Jakarta Fashion Week 2010/2011 show Mazda kali ini mengandeng 3 designer muda yang berjiwa stylish (Anastasia Hoeng), spirited (Zacky Gaficky) dan insightful (Stephen Huang) sesuai dengan atribut personality brand Mazda itu sendiri. Ke 3 designer tersebut mengaplikasikan personaliti Mazda secara detail ke rancangan mereka masing-masing.

Untuk menggambarkan persamaan antara koleksi ke 3 Young & Vibrant desainers tersebut dengan mobil Mazda, garis desain karya Anastasia menampilkan ciri khas Mazda yang STLYLISH, fokus terhadap curvy dan lekukan dalam koleksi mini yang menarik perhatian sosok individu yang mengenakan nya.

Dengan bentuk yang simple dan very constructed, memakai warna merah dan putih serta cream, tapi diperkaya detail payet dan sulam. Dengan background memperlihatkan jantung yang berdetak, memperjelas detail yang ada pada setiap piece adalah wujud dari pembuluh darah yang keluar dari jantung dan beredar ke seluruh tubuh.

Sedang garis-garis disain elegan Zacky memiliki kesamaan dengan karakter SPIRITED Mazda dengan cara merombak archetype disain gaun malam yang non konvensional dengan tehnik cutting, drapping and detailing yang berbeda dan terlihat bold & exqisite namun tetap terlihat anggun dan dinamis.

Sempat ngobrol sebentar sama Zacky satu hari sebelum show, kangen juga udah lama gak ketemu dan ngobrol bareng, dia sempat bercerita sedikit tentang koleksinya, sebanyak 16 pieces yang dipersiapkan hanya 2 minggu. Okey, Zacky emang terkenal dengan drapping nya dan dominasi warna hitam dan putih dalam setiap rancangan nya. Tapi kali ini ditambahi warna merah yang terinspirasi dari ledakan volcano merapi baru-baru ini.

After show, saya pun sempet bertukar sapa dengan 2 disainer LaSalle yang habis menggelar show bersama-sama alumni LaSalle lain nya di siang harinya, yang mengatakan suka banget dengan rancangan nya Zacky dan pengen deh belajar drapping dengannya, secara 2 teman deisainer saya yang lain itu very-very constructed kalo merangcang busana. hihihi… Marilah kalian ber3 saling berkenalan yaa..

Melalui disain nya yang INSIGHTFUL yang menantang batas dunia fashion, Stephen memperlihatkan koleksi gaun yang mampu membuat penonton terpukau.

Kalau saya perhatikan koleksi Stephen dari awal sampai akhir mengenakan bahan yang berbeda satu sama lain dan memiliki warna yang berbeda-beda juga, dari ungu, hitam, hingga merah. Mengunakan detil dari material yang bermacam-macam pula seperti plastik, bulu-bulu, beads. Selain itu juga aksesoris seperti unique stocking, fur coat, aplikasi tangan yang kepanjangan. Intinya Eksplorasi material dan tekstur yaa.. Tapi sayang nyaaaa.. hampir semua baju nya transparan dan modelnya no-bra. Well agak ganggu kalo dimata saya.

Menurut Yoshiya Horigome, President Direktur PT. Mazda Motor Indonesia, “desain adalah salah satu kelebihan sekaligus competitive advantage yang dimiliki Mazda”. JFW mengusung kesamaan nilai dengan Mazda, karena digelar dengan tujuan mengangkat industri fashion Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi dengan menampilkan karya-karya disainer berbakat yang mampu merubah definisi citra industri fashion.

#klik gambar untuk memperbesar

#untuk melihat koleksi foto yang lebih lengkap bisa cek di sini

Leave a Reply

CommentLuv badge