#Soyjoy Gym Licious

Jadi… Pada hari perjumpaan pertama para finalis #SoyjoyHealthylicious 2 yang sudah saya ceritakan di postingan sebelumnya, setelah brief tentang Kedelai dan photo session, kami para finalis beserta tim Soyjoy berangkat menuju Celebrity Fitness di Gandaria City untuk pertama kalinya.

Setelah kita ganti baju olah raga, kita diberi brief oleh orang CelFit nya, lalu perkenalan alat, saya pikir udah donk.. Ternyata saudara-saudaraaaaa… Pembantaian dimulai!! Mulailah kita disuruh sit up 15 kali pake bola setengah (entah apa namanya), dilanjut naik turun step 30 detik diawali kaki kanan, lalu gantian pakai kaki sebelah kiri.

Cukup?

Belom saudara-saudara.. Kita disuruh treadmill 15 menit dengan kecepatan 7.0 (minimal) aje gileeee… Saya itu paling gak bisa disuruh lari, makanya selama ini cuma memilih jenis olah raga sepeda. Rajin cyint daku sepedaan saban minggu dari rumah (cipete) main-main ke daerah CFD situ di seputaran HI.

Curhat dulu ya.. Dita ini, seumur-umur gak pernah olah raga, kecuali jaman SMA. Dulu saya ikut ekstrakulikuler Bela diri selama 3 tahun. Tapi, begitu menginjakkan kaki di bangku kuliah, boro-boro bakalan olah raga, secara perjalanan menuju kampus aja jauh beneeerr.. Jadilah hari-hari ku tuir dijalan, sampe rumah udah capek males lah itu namanya olah raga. Daaaaann.. Dita itu paling gak bisa keringetan, kegiatan di luar ruangan yang terkena debu dan matahari aja paling dita hindari, jadi gimana bisa hidup sehat, kalau selama ini gak pernah olah raga, suka makan jeroan, saya orang Padang cyint yang makanannya semua bersanten dan mengandung daging nan berlemak.

Jadi…. Nge gym kali ini saya akui merupakan tantang terberat bagi saya di keseluruhan rangkaian acara #SoyjoyHealthylicious 2 ini. Mana minimal 2 kali seminggu dan ada absennya bwookkk…

Lanjut ke cerita yang tadi, kelar disuruh treadmill, dilanjut sama senam-senam yang bikin semua otot jadi kejang dan seluruh badan jadi sakit-sakit. Sebenarnya gerakannya bagus sih, kalau kita rajin ngikutin sendiri dan latihan bahkan dirumah, bisa mengencangkan otot yang kendor dan menghilangkan lemak-lemak yang tidak pada tempatnya.

Kelar latihan singkat tapi menyakitkan itu, kami kembali di kumpulkan dan diberikan kartu free nge gym di CelFit yang telah kita tentukan selama 3 bulan. Oh Waw… Saya ngerasa beruntung jadi 10 Finalis #SoyjoyHealthylicious 2.

OK. Sekarang cerita pas pertama kali nge GYM di @cfofficial PIM2, lokasi pilihan Dita karena tinggal ngesot dari rumah, nah kita nge gym itu ternyata dapet paket paket PT (Personal Trainer) 1 dan PT 2.

Pertama-tama ditanya tujuannya apa? Apakan ingin membentuk otot, atau menurunkan berat badan. Dan sang PT nya dengan sadisnya langsung mengatakan kalau saya WAJIB menurunkan Berat Badan! Paling gak 5 kilo. Glek! Padahal ya saya tuh gak pernah ngerasa gendut. Tapi ya juga gak slim and slender, just an ordinary people aja gitu. Berat saya 60 kg, iya saya tau saya berat, tinggi saya 158 menurut pemeriksaan fisik dokter di lab Pramita, padahal sih seinget Dita, tinggi dita 159,5 (gak mau rugi).

Kemudian dilakukan pengukuran Body Fat. Alatnya kayak timbangan badan biasa, tapi dihubungkan ke mesin dan di bagian injekannya ada plat besi gitu. Sejak awal sang PT menargetkan untuk mengurangi Body Fat saya jadi 16 (which is batas bawah GOOD). Ternyata saudara-saudara, Body Fat saya adalah 30,2 dan dilembar hasil tersebut tertulis bahwa saya harus menurunkan 11kg LEMAK (bukan 11 kg berat badan loh ya, soalnya lemak berkurang bisa jadi otot, dan massa jenis otot itu lebih berat dari lemak). Jadi sang PT merubah strategi jadi hendak menurunkan Body Fat dita menjadi 24 (between 20-28 or AVARAGE).

Alat buat ngukur Body Fat

Body Fat Index

Dan setelah itu mulailah sang PT mengenalkan beberapa alat, yang dapat dicoba dan digunakan sendiri setelah kelar PT 1 dan 2. Oh iya, karena sebelum sesi latihan dimulai sang PT bertanya, apakah saya punya masalah dengan sendi? punya masalah sama tulang belakang? dan disitulah saya menjawab kalau Dita memang punya masalah sama tulang belakang yaitu Lordosis, intinya kalau bersandar di tembok, punggung dita gak bisa nyentuh tembok semua, padahal seharusnya seluruh tulang belakang dapat bersentuhan dengan tembok. Otapi tenang saja, katanya semua itu dapat sembuh dengan sendirinya kalau saya rajin latihan teratur.Katanya lagi, kalau yang memiliki masalah seperti saya, gak boleh treadmill cardio nya, soalnya pada saat melangkah persendian akan mendapatkan beban berat.

Lalu saya diberi sedikit tips oleh teman saya yang hobi nya fitness, katanya kalau saya bingung mau latihan pake alat yang mana, mending ikutan kelas aja. Kelasnya kan ada beragam, dari Yoga, Bocy Combat, Body Pump, Hip Hop, dan masih banyak lagi. Katanya, kalau ikutan kelas seluruh tubuh kita bakalan bergerak dan dilatih, tidak hanya bagian tertentu saja. Udah gitu banyak temannya jadi gak perlu ngerasa sendirian. Kalau kita latihan sendirian, begitu capek kita pasti berhenti, sedang kalau ikutan kelas, capek pun kita gak bisa berhenti karena bareng-bareng sama orang lain :)

Ok… Mari kita giat berolah raga *pecut diri sendiri* 11 kg lemak cuy yang harus dihilangin…

Btw, buat yang belum liat Video bagaimana suasana kami mengalami “siksaan” perdana di GYM, dapat ngintip video dibawah ini, #SOYJOYHealthylicious 2 (Ep.01): Top 10 Gokilicious

 

Btw, Mohon Vote Dita ya teman-teman di http://soyjoy.co.id/healthylicious Cari foto Dita (satu-satunya yang jilbaban, lalu mohon Jempol (klil like) atau share di twitter nya yaaaa…. :D Makasih….

5 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge