#SOYJOY Challenge 2 Day 1

Setelah lolos ke babak ke-2 #SOYJOYhealthylicious 2 ini, tentu saja saya bahagia selalu, karena telah berhasil melewati challenge pertama dengan baik, walau gak tau pasti nilai atau peringkatnya sih. Yang penting lolos ke babak selanjutnya. Setelah masuk ke-8 besar, tantangan selanjutnya langsung menghadang kami.

Sekarang waktunya untuk challenge kedua! Dalam challenge ini para finalis diminta untuk menulis diblog masing-masing setiap harinya selama 7 hari (mulai 6-12 Juni 2011) tentang aktivitas kesehatan yang menyangkut 2 aspek yaitu:
_ Physical Activities
_ Nutrition

Omagat omaigat omaigat….

Kita disuruh nulis aktifitas FISIK kita setiap hari??? Yang namanya Dita itu kan tadinya paling males olah raga atau gerak badan. Sekarangpun sebenernya masih males, tapi karena dapet free membership 3 bulan di Celfit, Dita mulai kerasan untuk olah raga.

Selain itu, kita juga disuruh untuk masak makanan sehat yang mengandung kedelai tentunya. Selama ini Dita kan gak terlalu suka masak. Eh, gak terlalu suka bukan berarti gak bisa masak loh yaaa… Cuman gak suka, karena ribet n males bersihin sisa peralatan masaknya. Tapi demi #SOYJOYhealthylicious 2 apapun akan saya lakukan!!

Semangat Ditaaaa… Mari kita mulai Challenge 2 ini… :D

Untungnya salah satu cara buat kita tetap sehat tanpa kelaparan ada cemilan sehat bernama SOYJOY yang terbuat dari kedelai… so no worry :lol:

AKTIFITAS PAGI

Ok, bangun pagi langsung dipanggil nyokap gara2 air mineral galon sudah habis dan saatnya ganti baru. Memang ini sudah menjadi santapan harian Dita dengan mengangkat air mineral galon ke atas dispensernya. Untuk yang tidak biasa mungkin akan menganggap itu berat, tapi karena Dita sudah biasa maka kita anggap saja itu sebagai olah raga ringan di pagi hari.

Next, Dita pikir udah donk ya. Udah boleh melanjutkan aktifitas pagi yang sesungguhnya seperti minum kopi. Ternyata Gas di dapur pun habis. Jadilah Dita mengganti gas (lumayan bwok tabung LPG nya yang 15kg). Makin lengkaplah aktifitas fisik dipagi hari ini.

Walau kelihatannya sepele, tapi keringat yang dikeluarkan cukup banyak.. Cukup baiklah buat pembuka hari dan minggu :mrgreen:

MAKAN APA?

Jadi begini ceritanya, tahun lalu ketika setia mengikuti segala aktifitas sahabat saya yang jadi finalis #SOYJOYhealthylicious pertama, saya sedikit banyak tertular gaya hidup sehat yang dia jalani. Ketika itu saya sedang menerapkan pola makan TANPA makan NASI.

Kenapa? karena nasi itu jahat! nasi itu tinggi karbohidratnya, HI-GI, dan banyak mengandung gula. selain itu nasi juga salah satu penyebab kita mmerasa lapar terus menerus.

Maka, oleh karena itulah, untuk tantangan ke 2 dari SOYJOY kali ini, Dita memutuskan untuk kembali tidak memakan nasi!

Terus kalau gak makan nasi, nanti makan apaan donk?

Gampang, makan saya sayuran dan protein, seperti makanan yang mengandung kedelai kan banyak jenisnya, selain SOYJOY tentunya, yang sangat praktis mengganjal perut lapar apalagi rasanya enak.

Nah hari pertama ini Dita memutuskan untuk membuat TEMPE PANGGANG dan Tumis Pare.

Resep Tempe Panggangnya pas banget didapat di salah satu tayangan memasak di tv swasta.

Bahannya:

Tempe 150gr,
Tepung terigu 2 sdm,
Telur 1 biji,
Bawang Putih 2 siung,
Bawang Bombay setengah biji,
Garam Merica secukupnya.

Tempenya dihancurkan, lalu campur semua bahan menjadi satu dan uleni. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat, lalu pipihkan (seperti gambar dibawah ini)

Panaskan Oven, lalu panggang tempe sekitar 15-20 menit. Setelah itu siap dimakan… :D

Karena di panggang, maka tempe ini tidak mengandung minyak… so pasti lezat dan sehat, apalagi tempe juga LOW-GI. Oh iya, Tempe Panggang ini mewakili protein yang dibutuhkan tubuh, tapi kita tetap butuh serat dari sayuran kan? Maka untuk melengkapinya Dita pun membuat Tumis Pare.

Jadi Dua menu diatas ini lah yang jadi makanan utama saya di Hari Senin 6 Juni 2011. Sayur dan Tempe Panggangnya saya jadikan bekal makan siang dan makan malam ketika sudah pulang kerumah. Sedang cemilannya akan disajikan di postingan berikutnya….

Selamat makan… :lol:

Laper? Nyemil Aja

Siapa disini yang suka ngerasa laper?

Eits… jangan langsung ngerasa bersalah. Soalnya Dita menganut perinsip “Kalau lapar ya makan aja”

Kenapa begitu?

Karena kalau kita menahan-naha rasa lapar, sekalinya ketemu makanan, kita akan makan tak terkontrol alias kalap.

Nih ya… Kalau Dita biasa makan besar 2 kali yaitu Siang (kurang lebih pukul 12.00) dan Malam (sebelum pukul 19.00) sedang diantaranya perut diisi dengan Nyemil. Jangan takut ngemil, karena sebenarnya metabolisme tubuh lebih mudah menyerap nutrisi bila kita makannya sedikit-sedikit, dan semua akan dibakar menjadi tenaga, bukannya lemak.

Biasanya pagi bangun tidur minum kopi, tanpa gula. Kopi selain karena udah nyandu, kalau diminum tanpa gula juga baik bagi kesehatan karena selain GI nya rendah, kopi juga baik bagi jantung.

Lalu sekitar jam 10 siang perut sudah mulai keroncongan, maka nyemil deh 2 lembar roti gandum (whole wheat).

Di siang hari sekitar pukul 4 sore, perut juga mulai keroncongan lagi, akibat makanan ketika makan siang sudah diserap habis, Nah itu saatnya kita nyemil SOYJOY (bisa dibalik-balik sih mau dimakan Pagi atau Sore, atau bahkan pagi dan sore). Tanpa terasa 2 batang SOYJOY ludes lenyap masuk perut Dita, soalnya nyemilnya sambil keasikan baca novel seru banget…

Btw, salah satu “kreatifitas” Dita adalah begitu menyukai Color Themes. Nah karena kebetulan hari Senin dita memakai baju bewarna keunguan, maka SOYJOY rasa Raisin Peanut lah yang dita jadikan teman membaca hari itu, apalagi rasa ini merupakan salah satu rasa favorit ku.

10 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge