sisipan

August 01, 2007

tak sabar ku menanti…

lho kok malah seneng mau memasuki masa-masa sisipan… soalnya dita udah pesimis soal menyangkut yudisium dalam waktu dekat alias oktober, lha wong utang2 kerjaan masi banyak yah pastinya kudu musti dinikmati aja waktu2 yang ada, asal ga jadi keenakkan ajah trus sante2…

dita ga mau keburu tua diklinik… n pengen cepet2 buka warung.. upzzz salah ding, tapi pengen cepet2 mewujudkan mimpi2 dita selama ini…

selain itu kasian sama ortu yang telah membiayai dita kuliah, yang tentunya dengan biaya yang tidak sedikit…

beberapa hari yang lalu, widya, angga dan dian sedang berbincang2 mengenai sesuatu yang berhubungan dengan SKS, dita yang cuma denger sepintas lalu nyeletuk (maklum kebiasaan kayak bensin, nyamber ajah…) lho bukannya jumlah mata kuliah kita total ada 11.. woiii… salah… kata mereka, kita laghi ngitungin biaya yang bakal dikeluarkhan ayah dan ibunda untuk semester berikutnya yaitu sisipan itu…

untuk yang tidak tahu apa itu sisipan?? sisipan adalah semester lanjutan yang diambil setelah menyelesaikan putaran utama (3 semester) seperti yang dita udah sebutkhan diatas, klinik (ko-as nya kedokteran gigi) terdapat 11 mata kuliah berjumlah total 30 sks.. setelah kita menyelesaikan masa putaran 3 semester tersebut tapi masih punya utang (requierment nya belum terpenuhi) masi kudu wajib menyelesaikan nya di semester2 selanjutnya, so… bila memasuki semester ke4 disebutnya sisipan1, bila masi lum kelar juga n nambah semester laghi, jadi sisipan2, dst, dst….

balik ke masalah diatas, emang sih kalo semester sisipan bayar uang kuliahnya tidak semahal semester utama (jumlah sks x harganya trus x 50%), cuman kalo utangnya masi banyak banget, ya sama juga boong… bayarnya tetep mahal bukhan…

so jadilah topik hari itu menghitung barapa perkiraan uang yang masih akan kita masing2 keluarkhan untuk biaya kuliah…

sesampainya dirumah, dita merenung… kasian khan ortu kalo disuru bayarin kita kuliah mulu… so dita pun mulai berhitung, berapakah gerangan jumlahnya… walopun dita pengen banget bisa sekolah laghi (s2 kek, spesialis kek, s teler kek, upss ;p hehehe) tapi dita maunya saat dita ngelanjutin sekolah nanti dita ngebiayain sendiri, paling ga jangan dibiayain ortu (kalo ga punya duit, cari beasiswa)

dari 11 matakuliah (oral surgery, periodonti, oral medicine, geligi tiruan sebagian lepasan, geligi tiruan lengkap, geligi tiruan cekat, pedodonti, public health, interna, konservasi, dan orthodonti.)

dita sudah evaluasi 5 (OS, OM, GTS, PH, interna) plus ujian ke5nya. dari 2 yang terbaru, 1 ga lulus, yang 1 laghi lum keluar hasilnya (dita rasa si ga lulus jugha, soalnya both of them, dita ketiduran pas laghi ujian.. karena dita lagi sakit sinusnya kambuh n ga bisa bangun dari tempat tidur disertai sakit kepala hebat, tapi berhubung udah bayar uang ujian, dita memaksakan diri untuk datang dan mengikuti ujian tersebut, alhasil tertidurlah dita di ruang ujian… yah nasib2…).

rencananya diakhir agustus ato awal september ini insyaallah ada 3 (GTL, ortho, perio) laghi yang mo evaluasi, yah mudah2 tak ada aral rintangan.. dengan begitu tinggal 3 yang masi ada utang (2 yang uda pasti ==>pedo n GTC, yang 1 masi ongoing ==> konservasi, bagian terakhir di puteran klinik dita yaitu masih dijalani sampe hari ini, dan detik ini, soo ada utang ato ga, masi lum diketahui pasti…)

jadi ke3 mata kuliah tersebut bila diubah kedalam bentuk sks berjumlah 8 sks (2+2+4) = 8 : 2 x biaya persks + bpp pokok.. itu juga belum termasuk uang ujian, uang yang dikeluarin buat biaya ini itu (cor-an, pasien, calo, kerjaan, dll)

teman2, dita mohon doanya, biar dapat menyelesaikan klinik ini dengan lancar dan dapat secepatnya menjadi dokter gigi..

pengennya sih bisa ikut yudisium yang januari…

amiinn…

2 comments

  1. ummul says:

    semoga setelah menjadi dokter gigi, bisa membantu pasien memberikan senyum sehat dan senyum indahnya.

    salam dan senyum,

    ummul-orthodonti.blogspot.com

Comments are closed.