Semua gigi itu PENTING!

sikatgigiKadang banyak orang tua yang malas menggosok gigi anak mereka dan tidak terlalu peduli bila gigi sang anak tersebut bolong-bolong ato rusak, karena mereka pikir, “toh gigi itu akan tanggal juga nantinya”.

gigi sulung atau gigi susu adalah sangat penting gunanya untuk membantu anak dapat belajar berbicara dengan normal dan jernih, dan untuk dapat mengunyah makanan secara benar.  selain itu anak yang giginya bolong, akan males makan, ndak mau senyum lagi karena malu, dan juga mengganggu perkembangannya dalam menyerap ilmu ketika belajar. karies / gigi berlubang itu adalah infeksi yang tidak dapat sembuh sendiri tanpa perawatan, bila gigi yang berlubang tersebut tidak dirawat, bila gigi sudah berlubang sangat parah anak akan menderita infeksi tingkat tinggi yang nantinya bisa menyebabkan diperlukannya tindakan emergensi, dan juga dapat menyebabkan calon gigi permanen nya terkena kerusakan. selain itu lubang pada gigi anak dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada si anak dan dia tidak dapat mengeluh secara tepat kepada orang tuanya.

gigi susu tersebut juga berperan penting untuk menjaga ruangan tempat tumbuh gigi permanen kelak agar tumbuhnya bagus dan rapi. bila gigi susu tanggal terlalu cepat, gigi permanennya akan tumbuh secara tidak beraturan. bila bolong-bolong pada gigi susu si anak tidak ditanganin dengan baik, dapat berpengaruh ke pertumbuhan gigi tetap nya kelak, seperti mudahnya gigi tetap terkena karies (gigi berlubang) atau bahkan gigi tetap yang tumbuh dengan tidak sempurna atau rapuh.

jadi… sesibuk apapun anda, jangan lupa untuk menyikat gigi si kecil terutama sebelum tidur. bila gigi nya belum tumbuh, gusi si kecil pun dapat di bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

7 comments

  1. oRiDo™ says:

    wah iya tuh emang susah klo ngajarin anak utk sikat gigi..
    mesti pelan2..
    depan nya dulu..
    diajak cerita ini-itu biar bisa mengap agak gede, biar sikat gigi bisa nyampe ke belakang…
    hehehe..

Leave a Reply

CommentLuv badge