Scrapbooking itu menyenangkan

Scrapbook-ing itu apa sih?

Scrapbooking adalah suatu metode untuk melestarikan sejarah pribadi dan keluarga dan friendship dalam bentuk kliping. Memorabilia yang umum digunakan termasuk foto, media cetak, dan artwork. Album scrapbook seringkali dihiasi dan sering mengandung sedikit coretan untuk lebih mengungkapkan isi cerita dari lembaran scrapbook tersebut. Scrapbooking adalah hobi banyak dilakukan di Amerika Serikat sejak zaman dahulu kala… #halah

Vintage Scrapbook

Sedikit sejarah singkat scrapbook

Kebiasaan ini dimulai pada abad ke-15, buku umum, populer di Inggris, muncul sebagai cara untuk mengumpulkan informasi yang meliputi resep, kutipan, surat, puisi dan banyak hal. Setiap buku biasanya unik sesuai dengan kepribadian dan keinginan si pembuat scrapbook itu. Album Persahabatan menjadi populer di abad 16. Album ini digunakan seperti buku tahunan modern, di mana teman atau pelanggan akan memasukkan nama mereka, judul dan teks singkat atau ilustrasi atas permintaan pemilik album. Album ini sering dibuat sebagai souvenir wisata Eropa dan akan berisi memorabilia lokal termasuk lambang atau karya seni oleh seniman lokal. Mulai tahun 1570, menjadi mode untuk memasukkan piring berwarna yang menggambarkan adegan populer seperti kostum Venesia atau Karnaval adegan. Ini memberikan pilihan terjangkau dibandingkan dengan karya-karya asli dan, dengan demikian, piring ini tidak dijual untuk memperingati atau dokumen peristiwa tertentu, namun secara khusus sebagai embellishments untuk album.

Pada 1775, James Granger menerbitkan sejarah Inggris dengan beberapa kosong halaman di akhir buku. Halaman-halaman tersebut dirancang agar pemilik buku bisa mempersonalisasi buku dengan memorabilia sendiri. Praktek meninggalkan halaman untuk personalisasi di akhir buku menjadi dikenal sebagai grangerizing. Selain itu, album persahabatan dan buku tahunan sekolah diberikan ruang untuk gadis-gadis di abad 18 dan 19 untuk berbagi keterampilan sastra mereka, dan kesempatan untuk mendokumentasikan catatan historis mereka sendiri pribadi. Munculnya fotografi modern pada tahun 1826, memungkinkan orang untuk mulai memasukkan foto ke dalam scrapbooks mereka.

Di zaman sekarang ini, hobi scrapbooking jauh lebih mudah dan menyenangkan, karena sudah banyak media untuk membantu melakukan hobi itu, ada banyak toko yang menjual segala kertas, emblishment, pernak-pernik, ada banyak forum dan website yang juga memberikan tutorial dan untuk saling bertukar info.

Sebenarnya mungkin sebagian dari kita suka mengkliping sejak kecil. saya inget ketika SMP suka sekali mengumpulkan berita artis kesayangan, sebut saja Christina Aguilera dari majalah-majalah remaja, lalu mengumpulkannya dalam sebuah buku. Hal tersebut sebenarnya sudah merupakan scrapbooking secara sederhana.

Setahun yang lalu, saya menemukan kenyataan bahwa membuat scrapbook itu sangat menyenangkan. Scrapbook *modern* yang pertama-tama saya buat, adalah untuk sahabat terbaik. Karena menurutku ketika kita membuat scrapbook, kita memasukkan rasa sayang kita kedalam tiap guntingan dan potongan kertas yang kita satu kan.

Berikut Beberapa Scrapbook yang pernah saya buat, baik yang personal untuk teman sendiri, maupun yang pesanan orang lain.

Dimas

Imam

Soyjoy

Teguh

Ivan

Mungkin memang iya, kalau kita pergi ke toko-toko yang menjual alat perlengkapan scrapbook, emang mahal untuk membuat sebuah scrapbook. mereka rata-rata menjual dalam bentuk paket. Saya bisa menolong membuatkan berdasarkan budget. Jadi kalau misalnya ada yang ingin memberi hadiah scrapbook untuk hadiah orang terdekat, bisa colek saya di e-mail atau di twitter yaaa… >___<

Apa-apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat scrapbook akan saya lanjutkan di postingan lain ;)

————————–

Sumber: Wikipedia

21 comments

  1. Fenty says:

    ah cakep bener, dan benarkah scrapbooking tidak mahal ? rasanya aku masih belum sanggup membayangkan aku harus membeli kertas2 satuan yang harganya puluhan ribu kemudian digunting2 ~.~”
    Fenty recently posted..Become mysterious

  2. ndutyke says:

    kmrn aku terdampar di toko yg mnjual scrapbook stuffs. dlm rangka mencari ring untuk gantungan kunci. eh disana nemu ornamen2 kayu brbagai bentuk. aku malah jd pengen membelinya untuk dijadiken kalung, hihihi…. *mental bakul aksesori*

  3. Zam says:

    ini kayak buku klipping ya? :))

    dulu jaman SMP/SMA pas mau perpisahan, disuruh ngisi semacam buku diary gitu (biasanya yg ngiderin anak-anak cewek). ini scrap book juga?

    kalo sekarang ada yg namanya PINTEREST! :))

  4. Indarto Wiratno says:

    Mbak mau tanya, kalau beli kits untuk membuat bentuk-bentuk unik dimana ya? minta infonya dong, soalnya aku tertarik untuk kreasi ke undangan unik dengan konsep seperti scrapbook. Mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya.

  5. windriya says:

    mba dita, masih bisa minta bantuannya buat bikinin scrapbook ga? aku mau dong, bentar lagi temen ultah soalnya, trus aku mau kadoin dia scrapbook. tolong dibalas ya mba, makasih :)

Leave a Reply

CommentLuv badge