Random: Kunyit, Kunir, Tumeric (?)

Beberapa hari terakhir secara random, mencoba rajin minum kunyit asem, atas rekomendasi Riwis. Isinya cuma kunyit di blender tanpa disaring (malas) dikasih peresan jeruk nipis.

Jadi apa sih sebenarnya Kunyit, atau  yang bagis sebagian orang dikenal dengan nama Kunir, itu?

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar.

photo (2)Setelah melihat saya membuat ‘kunyit asam‘ dengan resep suka-suka itu, mama bilang, “kok gak pake asam? Kalau mau bikin kunyit asem ya pake asam (yang item itu) sama gula jawa. Kunyit asam, adalah kata/nama yang tentu sudah familiar kita dengar, terutama bagi masyarakat Jawa yang gemar mengkonsumsi  jamu. Oleh karena ini, browse-ing lah saya resep-resep ‘kunyit asam’ apa saja yang lazim/normal beredar.

Pas gugling nemu resep yang isinya kunyit + asam + gula jawa + jeruk nipis. Maka resep itulah yg kemudian daku bikin.

Nah ngeblender kunyitlah daku seperempat kilo (tanpa saring) abis itu simpen di toples terus di kulkasin deh. Kata mama, asamnya harus di “racik” pas mau di minum, soalnya bikin gampang basi.

Nah 2 hari pertama berhasil tuh ngeracik asam + gula jawa + jeruk nipis sebelum di minum.. Hari berikutnya mulai malas. Alhasil selalu minum kunyit + jeruk nipis aja beberapa hari ini.

Mama sempet bilang lagi, kalau di padang kunyit asem nya biasa di tambah kencur.

Gugling lagi kalau di barat kunyit asamnya resepnya gini:

Tumeric Shot!
Kunyit + jahe + lemon + honey.

IMG_6031Jadi ternyata “minuman tradisional” itu global yak… Bedanya tiap tempat punya nama dan cara racik/minum yang berbeda.

8 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge