Preview: Toshiba Satellite NB10t

Per-Maret 2014 kemarin, saya memutuskan untuk memulai hidup baru di Kota Kembang Kreatif, Bandung. Nah kehidupan saya mobilitasnya sangat tinggi, bayangkan, dalam seminggu saya bisa bolak-balik Jakarta-Bandung berapa kali. Biasanya hidup bersama kedua orang tua, sekarang jadi anak kosan. Biasanya mau apa aja ada, kalaupun gak ada ya tinggal minta aja, sekarang mau apa-apa harus lakukan sendiri, termasuk dengan ketiadaan Dmitry (mobil saya yang baru saja mengalami kecelakaan awal Januari lalu). Kalau di Jakarta saya biasa bawa kendaraan sendiri, disini saya harus menggunakan angkutan umum kemana-mana, atau tak jarang malah saya harus berjalan kaki. Padahal di satu sisi, pekerjaan saya menuntut untuk bisa bekerja dimana saja, sedangkan laptop lama saya berukuran besar (14 inchi), well, when I bought, I choose the bigger one, coz I need it to do design things, ect. Tahu sendiri kan, laptop besar itu rempong kalau dibawa ngangkot, yang ada jadinya aku harus beli backpack, buat mengakomodasi semua barang yang harus ku bawa. Berarti saya butuh laptop yang lebih mungil dan lebih ringan donk?

Satellite NB10-A_beauty_04

Nah, teman saya Dita, memberi tahu kalau Toshiba baru ngeluarin Notebook (BUKAN netbook) terbaru seri Satelllite NB10(t) berlayar 11,6 inchi. Buat saya penting mengetahui bahwa ini bukan Netbook. Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, Netbook performanya gak akan semaksimal Notebook (laptop). Nah, notebook Toshiba Satellite NB10 dan NB10t ini hadir dengan harga terjangkau tapi ditunjang dengan fitur desain yang kompak, portabilitas yang baik, sehingga sangat cocok digunakan oleh pelajar, mahasiswa dan juga pekerja profesional. Aku termasuk yang mana ya? :lol:

NB10t-B2C_details

Sebenernya seri Satellite ini ada 2 varian, NB10 tanpa layar sentuh dan NB10t dengan layar sentuh (touch screen) tapi keduanya punya spesifikasi yang sama kok, cuma beda di layar sentuh atau tidaknya saja. Versi layar sentuhnya, Satellite NB10t, memiliki layar SuperView LCD 11,6 inci yang beresolusi 1366×768 pixel. Lalu panel sentuhnya sanggup menerima input 10 jari secara bersamaan (10 point touch support). Lalu gimana kinerjanya? Laptop ini didukung oleh prosesor generasi terbaru Intel Celeron, yaitu Celeron N2810 yang berada di atas Intel Atom. Toshiba mengklaim seri Satellite NB10 mampu menyajikan memberikan kombinasi kualitas, keandalan dan performa untuk penggunaan sehari-hari. Tak hanya itu, ditunjang dengan platform Bay Trail Celeron ini memiliki kinerja tinggi dengan daya rendah. Dengan Bay Trail juga, baterai NB10 dan NB10t berdaya tahan selama 6 jam. Lumayan banget kalau-kalau ketinggalan kabel cas-annya.

Berikut Fitur dan Spesifikasi Toshiba Satellite NB10t :

  • 11.6 HD Clear Superview LCD with LED backlight 1366×768 pixels with 10 Point Multi Touch
  • RAM : up to 8GB DDR3 (1,600MHz)
  • 2,5 SATA HDD up to 500GB
  • WLAN (802.11 b/g/n) Bluetooth 4.0
  • 2x USB 2.0, 1x USB 3.0, HDMI, Ethernet LAN, card reader, microphone in, headset out.
  • Builtin TouchPad with multi-gesture
  • Camera : Built in HD Webcam with microphone
  • Sound : Stereo speaker enhanced
  • Weight : Starting at 1.30kg
  • Dimension : 284 x 208 x 21.5mm
  • OS : Windows8 (64bit)

NB10t-B2C_gallery3

Bisa dilihat sendiri dari gambarnya, kalai desain keyboard NB10 dan NB10t menggunakan tuts  yang memiliki penampang cukup besar sehingga kesalahan mengetik akan jarang terjadi dan pastinya akan nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama seperti mengerjakan tugas kantor (iya, saya kan per-Maret kemaren juga mulai “kantor”) atau untuk sekedar mengerjakan disain atau menyusun moodboard. Lalu untuk menyimpan data hasil pekerjaan pun sudah disiapkan HDD sebesar 500 GB yang cukup besar pastinya untuk menampung hasil gambar-gambar bermain di software olah poto. Udah gitu bagusnya lagi trackpad yang tersedia mempunyai ukuran yang sedang dan sepertinya akan nyaman digunakan dengan fungsi klik kiri dan kanan yang terpisah! Itu penting banget loh ternyata, soalnya Laptop yang sekarang saya pakai, fungsi klik kiri dan kanannya jadi satu, dan ketika semakin lama digunakan dan rusak/macet, akan sangat menghambat kerjaanku banget!

Jadi gimana ya? Sepertinya sudah saatnya saya beralih ke Notebook yang lebih kecil, ringan dan mudah dibawa kemana-mana seperti ini.

7 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge