Perpanjang STNK via Drive thru

Hari Senin kemarin, saya mencoba layanan baru dari Polda Metro Jaya, yaitu perpanjangan Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) drive thru. Pertama denger dari bokap, agak kaget juga sih. Apa iya ada layanan tersebut? Dan apa iya, layanan nya bisa terlaksana dengan baik? *secara selama ini gambaran tentang polri yang ada di otak dita yang negatif-negatif nya aja*.

Daaaann…. ketika sesampainya di Polda Metro, taraa… Layanan Perpanjang STNK tersebut sedang tidak jalan, pulanglah saya dengan kecewa.. Tapi masih dengan sedikit harapan di hati, bahwa besok layanan tersebut sudah dapat digunakan kembali. Maka pada hari Selasa, saya kembali ke Polda Metro buat mencicipi layanan tersebut *yang konon gak sampe 5 menit*

Begitu nyampe, dapet karcis bayar Rp. 2.000.- masuk kedalem, langsung ada spanduknya, Perpanjang STNK drive thru. Abis itu tinggal ngikutin aja jalur nya. Gak perlu turun dari mobil dan gak perlu nunggu lama.

Loketnya ada 2, persis kayak kalo kita drive thru makanan cepat saji, loket pertama buat menyerahkan dokumen, lalu loket kedua tempat bayar sama ambil STNK baru nya. Di loket pertama, kita cukup menyerahkan KTP, BPKB, dan STNK, semuanya harus asli yaa.. bukan kopian. Setelah petugas memasukkan data-data kita, nanti akan tertera di layar berapa jumlah yang harus kita bayar. Baru deh kita maju ke loket selanjutnya buat bayar dan ambil STNK nya.

It’s so easy. bener-bener gak sampai 5 menit, gak capek antri, gak kepanasan, gak ribet.

Me. Love. It. :mrgreen:

Semoga dengan adanya layanan ini, orang jadi makin rajin ngurus segala keperluannya sendiri *gak pake calo, ataupun diserahkan ke orang lain*. Oh iya, selain semua surat-surat yang diserahkan harus asli, Kendaraan beroda 4 itu, juga harus milik sendiri, alias udah balik nama. :)

#eh ternyata layanan ini udah ada dari September 2009 loh.

8 comments

  1. fahmi! says:

    eh perpanjangan stnk atau bayar pajaknya? di surabaya sini juga sudah berlaku lama, tapi yg aku tau untuk bayar pajaknya. kalo perpanjangan stnk belum pernah coba drive-thru.
    fahmi! recently posted..F1- Mekanika

    • fairyteeth says:

      eh, beda nya apa ya mas?

      yg jelas kalo kata bokap, kalo yg buat ganti STNK (yg 5 tahun sekali itu) gak bisa lewat drive thru… tapi kalo yg setahun sekali bisa :D

  2. veny says:

    mau nanya, kalo mau perpanjang STNK apa boleh diwakilkan ( bukan pemilik mobil seperti yang tertulis di STNK) ? saya membawa surat2 lengkap asli (BPKB, KTP, STNK)

    terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

CommentLuv badge