Perbedaan gigi susu dan gigi tetap

beberapa orang bertanya, “apasih bedanya gigi susu dengan gigi tetap?” maka setelah sebelumnya menulis tentang urutan tumbuhnya gigi susu, sekarang membahas tentang perbedaan gigi susu dengan gigi permanen (yang bisa dilihat secara kasat mata).

  • email gigi susu lebih tipis dibanding gigi tetap. hal tersebut menyebabkan mudahya gigi anak menjadi bolong.
  • warna gigi susu lebih putih dari pada gigi tetap. ketika kuliah dulu sempat mendengar kenapa orang kita (bahasa indonesia) menyebutnya gigi susu, sebab warna nya putih seputih susu.
  • permukaan gigi geraham permanen lebih cembung dari pada geraham gigi susu.
  • lebar mahkota gigi susu lebih besar dan lebih tinggi dibanding mahkota gigi susu.
  • leher gigi susu lebih kecil.

dan yang tidak dapat terlihat secara kasat mata

  • akar gigi susu lebih panjang dan ramping dibanding mahkota gigi. akar gigi susu akan mengalami resorbsi ketika gigi permanen penggantinya mendorong gigi susu tersebut.  ketika gigi susu tanggal akarnya biasanya sudah tinggal separuh nya atau sudah hampir habis sama sekali.
  • akar gigi geraham susu lebih mekar.
  • rongga pulpa gigi susu lebih lebar. hal tersebut juga memudahkan gigi susu mengalami karies gigi dan bila tidak langsung ditangani, lubang tersebut cepat bertambah besar.
  • bagian apikal pada saluran akar gigi susu lebih besar.

primary teethjumlah total gigi susu ada 20. masing-masing rahang atas dan rahang bawah ada 10 gigi. 4 gigi yang terletak paling depan adalah gigi insisif atau biasa disebut gigi seri. lalu disebelahnya (gigi ke3 bila dihitung dari midline) adalah kaninus atau yang biasa kita sebut taring. kemudian 2 sisanya yang terletak paling belakang adalah gigi geraham (molar). disebutkan dari depan adalah Insisif 1, insisif 2, kaninus, molar 1 dan molar 2.

permanent teethpada gigi permanen. gigi geraham susu digantikan oleh gigi premolar dan bukan geraham permanen. geraham permanen tumbuh di belekang gigi premolar. dan berjumlah 3 untuk setiap regio. sehingga gigi permanen seluruhnya berjumlah 32 gigi. bila disebutkan dari depan adalah Insisif 1, insisif 2, kaninus, premolar, premolar 2, molar 1, molar 2 dan molar 3.

#lihat gambar biar lebih jelas.

7 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge