New Best MPV with Flexibility and Comfort

Sebagai seorang anak yang lahir dari keluarga yang mencintai mobil, dan cinta pertama saya dulu adalah Nissan Terrano, maka bagi saya mengikuti perkembangan automotive terkini adalah hal yang lumrah. Keluarga kami hampir setiap tahun bela-belain dateng ke IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) nun jauh di Kemayoran hanya untuk melihat-lihat mobil-mobil keluaran terbaru setiap tahunnya.

Jadi jangan heran ketika hari Jumat pagi tanggal 13 Maret 2015 kemaren, saya sudah sampai di Pondok Indah Mall, demi menyaksikan launching Nissan New Serena. Bayangkan, padahal Senin-Jumat adalah jadwal hari bermalas-malasan saya (baca: bangun siang), soalnya ketika weekday, klinik saya beroperasi jam 2 siang. Tapi demi bisa menyaksikan wujud langsung Serena keluaran terbaru, saya sudah bangun pagi dan bergegas ke PIM.

Anyway, kenapa saya tertarik sama launchingnya #SerenaBestMPV? Padahal tadi katanya cinta pertamanya dulu Nissan Terrano? Padahalkan Serena bukan termasuk tipe SUV? You want to know why? Karena saya sekarang sehari-harinya mengendarai mini MPV, ya kali gitu tergiur pengen upgrade ke MPV beneran..

Buat yang belum tau apa itu MPV dan SUV,

MPV (multi-purpose vehicles) are also marketed as minivans, people-carrierspeople-movers, or multi-utility vehicles (MUVs)  is a type of van designed for personal use. Minivans are typically either two-box or one box designs for maximum interior volume – and are taller than a sedan,hatchback, or a station wagon. (bahasa awamnya “mobil keluarga yang mengangkut segala kebutuhan”)

SUV (sport utility vehicle or suburban utility vehicle) is a vehicle similar to a station wagon or estate car, usually equipped with four-wheel drive for on- or off-road ability. (bahasa awamnya “mobil off-road”)

Anyway, mau cerita sedikit kenapa sekarang saya lebih menyukai MPV alias mobil keluarga yang dapat membawa barang banyak sekali. Alkisah di penghujung tahun 2013 saya bercita-cita ingin menjadi entrepreneur di bidang fashion. Udah pada tau donk ya, kalau bisnis fashion (atau bisnis apapun yang bentuknya menjual barang) kudu rajin-rajin ikut pameran atau bazaar kalau pengen bisnisnya dikenal banyak orang. Saya melihat sendiri gimana repotnya teman-teman saya yang hanya mempunyai mobil pas-pasan (sempit bagasinya, atau bahkan sempit semobil-mobilnya) agak ngos-ngosan sampai harus rela bolak-balik demi bisa mengangkut seluruh peralatan dan barang dagangan mereka saat loading barang pada H-1 bazaar/pameran produk mereka berlangsung. Gak kebayang kan, kalau misalnya harus ikut bazaar di kota lain, masa kudu nyetir Jakarta-Bandung bolak-balik kalau semua barang gak bisa keangkut dalam sekali angkut.

Oleh sebab itulah, pilihan selera bermobil saya mengalami evolusi beberapa kali, dari jaman demen-demenya sama SUV pas awal  kuliah karena tampak menantang sekaligus gagah sekali rasanya seorang cewek berhijab mengendarai mobil yang cocok untu off-road. Lalu ketika beban SKS mata kuliah semakin banyak, dan tugas kuliah serta praktikum yang berjibun membuat saya mengalihkan ke City Car dengan alasan nyaman dibawa nyetir di Jakarta yang sangat padat (bahasa halusnya macet) dan sulit mendapatkan parkiran yang strategis. Hingga akhirnya kini saya lebih menyukai mobil-mobil dengan tipe MPV.

Kenapa? Karena MPV dengan kapasitas ruangan yang sangat lapang, luas bin lega, saya tidak pernah khawatir lagi bila ingin membawa barang banyak. Walau keinginan untuk jadi pengusaha fashion sekarang belum terwujud, tapi saya sudah terlanjur PeWe (hayo yang seangkatan pasti pada tau apa itu PeWe). Buat yang udah kenal lama sama saya, harusnya tau kalau saya sangat suka membawa barang-barang yang entah apa dan kapan akan berguna, menumpuk begitu saja di mobil. Jaman masih pake City Car, saya selalu was-was tiap kali ada yang akan pulang bareng saya. Yang ada dipikiran saya adalah, “Duh cukup gak ya tempat duduknya?”, “Duh mau di taro dimana ini barang-barang saya kalau mereka nebeng?”, kira-kira semacam itulah pemikiran saya saat itu. Tapi sekarang sudah tidak lagi, walau kendaraan saya sekarang baru berupa Mini MPV, paling gak itupun sudah memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar untuk sekedar menampung barang-barang tak berarti saya itu.  Mudah-mudahan setelah usaha klinik saya sukses, dan saya kekeuh tetap ingin menjadi fashion entrepreneur, saya bisa memiliki kendaraan MPV yang megah dan nyaman seperti New Nissan Serena ini.

Sekian curhatnya, sekarang balik lagi ke topik yang akan kita bahas.

Sebelum ngomongin Serena yang baru di launching, kita bahas sedikit soal Serenanya dulu nih. Nissan Serena tuh pioneer di kelas High MPV, dan sudah jadi juaranya sejak tahun 2007. Generasi pertama Nissan Serena diperkenalkan pada tahun 1996 (di tahun yang sama generasi Nissan Terrano pertama di Indonesia, mobil pertama dimana saya belajar nyetir mobil pertama kali.) Generasi terbaru terakhir sebelum yang diluncurkan pada 13 Maret 2015 ini, adalah keluaran tahun 2013. Selain new features and enhancements, New Nissan Serena sebagaimana juga para pendahulunya memiliki 14 smart seat models, spacious cabin space terbaik dalam kelasnya, various compartments baggage, Smart multifunction center seat, 360 view, airbag, cruise control, eco-drive feature, roof monitor & panoramic roof.

Spacious Cabin Space

various compartments baggage

Smart multifunction center seat

Roof Monitor & Panoramic Roof

Lihatlah betapa luas bagasi dan segala ruang penyimpanan yang ada. Udah gitu kursi-kursinya pada fleksibel semua, bisa digeser dan dilipat tergantung kebutuhan. Secara ya, saya hobi membawa air minum berbotol-botol dan kadang bisa makan bekal makanan saya di mobil, saya merasa New Serena pasti bisa banget mengakomodir kebutuhan-kebutuhan saya itu. Udah gitu ada layar buat nonton DVD nya di tengah, gak cuma di bagian depan saja, jadi kalau pas jalan bareng temen-temen trus pengen nobar/karaokean bareng ditengah kemacetan ibukota pastinya bisa bangeeeeettt…

Nah New Serena yang baru diluncurkan ini tentunya memiliki beberapa enhancements donk dibanding seri pendahulunya.

Kalau kata pak Steve Ardiato, President Director Nissan Motor Indonesia, “We are optimistic that though its prestigious and luxurious design enhancements, coupled with flexibility, comfort and best-in-class features, New Nissan Serena will further its success as the Best High MPV in Indonesia.”

Sebelum bicara features nya, saya ngomongin pilihan warna dulu ya. Berkaca pada diri sendiri yang selalu memilih mobil dimulai dari cocok tidaknya pilihan warna-warna yang tersedia, maka wajib mengetahui warna apasajakah dari seri terbaru #SerenaBestMPV ini, Pilihan warnanya ada Light Steel Blue, Scarlet Red, Floral White, Diamond Silver Metallic, Smokey Grey Metallic, dan Phantom Black.

Selain itu, New Nissan Serena juga hadir dalam 3 pilihan variant, yaitu: New Nissan Serena 2.0 Autotech, New Nissan Serena 2.o Highway Star dan New Nissan Serena 2.0X.

Lalu apasajakah pemutakhiran yang bisa kita dapatkan dalam New Nissan Serena ini?

Yang pasti ada New Audio Streering Switch, New Color Panel Instrument, dan Signature Seat Cloth Color Update.

Untuk menambah kesan lux-nya, New Nissan Serena sekarang dipercantik dengan New Front Bumper, New Grille, New Hood Design, New Alloy Wheel, New LED Headlamp with Day Time Running Light, Fog Lamp Finisher, New LED Rear Lamp and New Aero Side Guard. Kalau di Luar Negeri Day Time Light udah wajib loh.. Mungkin fungsinya sama kayak peraturan di Indonesia yang mewajibkan pengendara motor menyalakan lampunya di siang hari. Dan konon mobil-mobil keluaran terbaru harusnya memang sudah mulai dilengkapi oleh lampu jenis ini. Masing-masing bentuknya berbeda sesuai dengan tipe Nissan Serena nya, variasinya bisa dilihat dari foto-foto berikut ini,

NEW Bumper, Grille, LED Head Lamp, Fog Lamp Finisher Variant

NEW LED Rear Lamp variant

NEW Alloy Wheel

NEW Aero Side Guard

Setelah melihat fotur-fitur baru dari New Serena, tentu pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah “Berapa harganya?”. Harga yang ditawarkan untuk setiap variant tentu berbeda, sesuai dengan fasilitas yang ada didalamnya. New Nissan Serena 2.0 Autech IDR 441.000.000, New Nissan Serena 2.0 Highway Star IDR 409.000.000, dan New Nissan Serena 2.0X IDR 364.000.000. Anyway pilihan vehicle berjenis MPV dari Nissan sesungguhnya sangatlah beragam, tergantung kocek kita lebih cocok ke Jenis dan Tipe yang mana. Untuk yang lebih mahal dan eksklusif lagi ada Nissan Elgrand. Kalau ingin memiliki MPV dinamis tapi budget terbatas, tidak usah takut, bisa mulai melirik Nissan Evalia. Mudah kan? Gak perlu manyun karena semua ada pilihannya.

Beginilah kerian yang terjadi saat launching New Serena.

Hmm… Selepas launching jadi mikir buat nabung dan upgrade atau memberi kakak untuk Dmitry (nama panggilan, mobil yang saya gunakan sekarang). Kalian tergoda untuk memilikinya jugakah?

Foto-foto saya ambil sendiri menggunakan iPhone 5, foto rame-rame hasil jepretan @lucianancy, dan foto  lainnya saya ambil dari web Nissan Indonesia

Blog post ini saya ikut sertakan dalam blogging competition oleh @NissanIDv

2 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge