Mystery vs Thriller vs Suspense

mungkin sedikit bahasan soal perbedaan Mystery, Suspense dan Thiller.

saya sendiri terus terang lebih suka film-film, atau buku cerita (novel) yg bergenre, 3 yang sudah saya sebutkan diatas, dibandingkan HOROR. I really HATE Horor, but I love Thriller Movie/Novel. tapi karena saya sendiri agak bingung, soal Thriller, apakah dia berbeda sama Mystery dan Suspense, maka saya menggalinya sedikit mendalam…

well, menurut hasil gugling, perbedaan dari ketiga Genre tersebut lebih ke Point Of View dari protagonis/tokoh utama dari film/novel nya. dan juga dari cara si protagonis menghadapi masalah-masalah yang berlangsung. kadang ketiga genre itu bisa saling tumpang tindih, dan kadang juga, banyak orang menyamakan suspense sama thriller.

lebih jelasnya,

Mystery : biasanya sang tokoh protagonis berusaha untuk mempelajari latar belakang dan segala pengetahuan tentang kejadian yang sedang berlangsung, seperti kejahatan (apakah pembunuhan, pencurian, penculikan, dll). ceritanya biasanya banyak memeras otak, dan ada sedikit bahaya yang mengintai si protagonis dalam menyelidiki kasus, sampai akhirnya dia dapat menyelesaikan penyelidikan kasus tersebut. biasa juga di sebut oleh orang-orang sebagai, cerita tentang orang baik yang berusaha menangkap penjahat.

Thriller : jalan ceritanya mirip sama Mistery, tantang bagaimana si protagonis mencari tahu kebenaran dibalik kejadian, penyelidikan dan sebagainya, tapiii….. si protagonis, sering bersentuhan dengan bahaya, dalam tipe ini, dibanding putar otak, lebih ke aksi, dimana si pembaca atau penonton, dipacu adrenalinnya. a.k.a lebih menegangkan.

Suspense : biasanya memiliki sudut pandang yang berbeda. si protagonis konsern sekali apabila si antagonis mengetahui sebuah masalah yg terjadi. biasanya siprotagonis, malah orang jahat yang berusaha melindungi rahasia nya. ceritanya di disain untuk membikin penonton/pembaca terkejut, dan penasaran akan apa yg terjadi selanjutnya.

tapinya, perbedaan ketiga genre tersebut, tidak selalu merupakan pakem, dalam penulisan sebuah skenario film, maupun novel, setiap pengarang, memiliki batasan-batasan sendiri. seperti membuat protagonis jadi orang baik di suspense, atau malah membuat si protagonis menjadi orang jahatnya, di cerita mistery…

masih bingung dalam perbedaan tersebut? jangan kaget! saya juga masih bingung sekali.

baiklah, sekali lagi untuk memperjelas, thriller memiliki konsep yang lebih berat dari suspense. masalah yang lebih berat, kebutuhan yang sangat mendesak, toeri konspirasi, dan sebagainya dalam proporsi yang besar. dalam Mystery, pembunuhan hampir selalu terjadi di depan/awal cerita, penonton/pembaca selalu tertinggal selangkah di belakang si penjahatnya, ikut berfikir keras (menebak-nebak) dengan si protagonis. dan pada akhirnya, si penjahat akan ketahuan/tertangkap dan keadilan sekali lagi berhasil ditegakkan. sedangkan dalam suspense, sering kali identitas penjahatnya sudah diketahui sejak awal cerita, dan penonton sudah mengetahui beberapa langkah kedepan si tokoh utama, biasanya dalam suspense selalu ada tokoh wanita yang dalam bahaya. dalam mistery, si tokoh utama, kerap kali seorang detektif atau seorang polisi, sedang dalam suspense tokoh utamanya adalah orang biasa yang terjebak dalam situasi yang rumit.

acapkali, Mystery di sandingkan atau disamakan dengan genre Crime, sedang Thriller begitu tumpang tindihnya dengan suspense sehingga agak sulit dibedakan.

untuk memperjelas, bisa melihat contoh, dari judul-judul film berikut ini.

Mystery ==> Memento, Rear Window, The Usual Suspect, L.A. Confidential, Chinatown

Thriller ==> The Silence of the lamb, Se7en, Jaws, The sixth sense, Memento

Suspense ==> saya nyaris tidak berhasil menemukan sumber yg tepat, dan beberapa menyebutkan film yg sama dengan Thriller. jadi saya anggap aja, suspense sama thriller memang hampir sama.

kepada para movie freakers, kalo ada yg salah mohon di betulkan :) mungkin mas disco_merinding??

====to be continue====

4 comments

Comments are closed.