Manfaat Kedelai

Kalau saya mendengar kata kedelai, yang pertama terbayang diotak saya adalah tempe dan tahu. Dua makanan tersebut adalah makanan pertama yang mengendung kedelai yang hadir di meja makan rumah kita semua. Mungkin kesannya makanan yang terbuat dari kedelai adalah makanan rumahan, makanan ndak elit dan kurang bermutu karena harganya yang cenderung murah, dan mudah ditemui di warteg-warteg terdekat. Sebagian teman saya malu mengakui mereka suka makan tempe atau tahu, tapi sebagian yang lain bangga karena mereka suka mengkonsumsi susu kedelai atau yang kita kenal dengan Soy Milk, yang sesungguhnya juga merupakan turunan lain olahan kedelai.

Dirumah saya, mama suka sekali makanan olahan kedelai seperti tempe, yang diolah dengan berupa ragam cara, seperti tempe bacem, tempe garing, gulai tempe (maklum orang padang, semua juga di gulai kalo perlu), sate tempe, dan masih banyak lagi. Sedangkan papa saya suka tahu kecap. Bwok… sederhana banget yak makannya. Kalo dirumah lagi gak ada makanan apa-apa, paling gampang ya buka kulkas lalu goreng tahu atau tempe.

Olahan kedelai menjadi bagian dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain tempe, tahu dan susu kedelai yang sudah saya sebutkan diatas, kedelai juga banyak variasi olahan lain nya, yaitu tepung kedelai, tauco, dan kecap yang sangat mendominasi santapan di Indonesia.

Jadi siapa yang gak suka kedelai, atau belum pernah makan olahan kedelai?

Kedelai itu sudah lama dikenal di Indonesia terlihat dari begitu bervariasinya sebutan kedelai, seperti: sojaboom, soja, soja bohne, soybean, kedele, kacang ramang, kacang bulu, kacang gimbol, retak mejong, kaceng bulu, kacang jepun, dekenana, demekun, dele, kadele, kadang jepun, lebui bawak, lawui, sarupapa tiak, dole, kadule, puwe mon, kacang kuning (aceh) dan gadelei.

Kedelai itu termasuk dalam keluarga kacang-kacangan yang berukuran kurang lebih sebesar kacang polong, dan memiliki tingkatan nutrisi sangat tinggi terutama protein nabati. Kedelai baik bagi tubuh manusia. Kedelai telah menjadi sumber protein yang penting selama lebih dari lima ribu tahun. Selain bernutrisi tinggi, kedelai merupakan sumber minyak nabati yang kaya akan protein lengkap, karbohidrat, serat, lemak sehat, dan sejumlah vitamin dan mineral penting untuk kesehatan. Di dalam satu biji kedelai terkandung sejumlah besar asam fitat, asam alfa-Linolenat, isoflavon genistein dan daidzein. Lengkap ya!

Iya tau kandungan nutrisinya banyak, terus kenapa? Kenapa kita harus mengkonsumsinya?

Selain karena begitu tingginya kandungan protein nabati kedelai yang lebih besar dibanding kacang-kacangan lain plus 9 asam amino menjadikan kedelai spesial. dan sejumlah kandungan yang telah disebutkan diatas turut menambah deretan kebaikan kedelai bagi kesehatan. Dan berikut 8 kandungan utama kedelai, dan manfaatnya bagi tubuh:

Oke, sekarang cukup soal kedelai dan segala kandungan nya yang rumit itu. Intinya, makan kedelai dan segala olahannya kan bagus buat kesehatan kita, tapi ndak mungkin donk kita kemana pergi nyemilin tempe goreng atau tahu goreng, dan lagi segala yang digoreng kan juga gak terlalu baik buat kesehatan kita, nah…. Sejak tahun lalu ada #SoyjoyHealthylicious saya jadi lebih mengerti tentang cemilan sehat yang namanya SOYJOY. Sebelumnya sudah tahu juga sih, tapi cuma karena ngeliat iklan dan kebetulan rasanya pun enak. Kebetulan salah satu finalis tahun lalu adalah sahabat saya dimas, dan tentunya kami teman-temannya ikutan heboh mensuport dia dalam acara Reality Show online pertama itu. Dari rangkain acara yang banyak itu, saya secara tidak langsung dapet ilmu yang banyak soal kesehatan, termasuk tentang Low GI/High GI, tentang kedelai dan masih banyak lagi.

Berikut kata Nadya Hutagalung tentang arti sehat:

Jadi ngemil sehat apa kita sore ini? Silahkan dipilih :p

Rasa favorit ku yang Strawberry dan Raisin Peanut.. Yummy…

———————

Sumber:

http://www.soyjoy.co.id/

http://en.wikipedia.org/wiki/Soybean

http://thefactsaboutsoy.com/faqs.html

12 comments

  1. musa greetha says:

    kalo aku sih milih yang diminum aj,,lebih praktis tinggal glek langsung habis,,,seperti SUSU KEDELAI,,,
    kan produksi sendiri……..yUmMi ; )

Leave a Reply

CommentLuv badge