JFW 2010/2011: Styling Modernity

Tak terasa sudah setahun berlalu sejak Jakarta Fashion Week 2009/2010, Pada 6-12 November 2010 yang akan datang Jakarta Fashion Week akan kembali digelar. Meneruskan kesuksesan tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Fashion Week sendiri merupakan acara tahunan yang akan digelar untuk ke-3 kalinya yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia dan Jakarta (khususnya) sebagai pusat mode di Asia, masih berlokasi di Pacific Place. Jakarta Fashion Week merupakan salah satu event paling dinanti para penikmat maupun pelaku industri fashion.

Menurut, Dr. Arie Budhiman, MSi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, “Jakarta sudah terbukti mampu memposisikan diri sebagai barometer fashion di Asia dan belakangan sudah menjadi salah satu pusat perhatian komunitas dashion dunia, terutama untuk busana muslim. Pencapaian ini sangat erat hubungannya dengan aktifitas desainer terkemuka Indonesia dalam kegiatan fashion show di manca negara, sehingga menempatkan Jakarta di peta industri mode internasional.” sehingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga berharap JFW dapat menjadi agenda fashion dunia yang dihadiri pembeli dari manca negara.

Jakarta Fashion Week 2010/2011 tahun ini mengusung tema Styling Modernity dan dimeriahkan oleh 113 desainer Indonesia. Mengapa tema ini yang dipilih? “Karena Jakarta Fashion Week sejatinya dimaksudkan sebagai suatu wadah yang dapat memfasilitasi sebuah dialog antara kekayaan fashion nusantara, termasuk keragaman tesktil tradisional dan kreasi modern,” ujar Baslir Djamal, Ketua Pelaksana JFW 2010/2011. Menurut Baslir, fashion bukanlah hanya monolog sepihak dari sang desainer, melainkan melibatkan banyak dialog, yang mencakup hubungan antara desainer dengan pengerajin, buyer, pecinta mode dan wartawan fashion. Disini para desainer Indonesia akan menggali inspirasi dari desain warisan nusantara yang siap mewarnai panggung mode dunia dengan karya terbaru.

Siapa saja yang akan hadir? Tentunya para pecinta fashion, seperti selebriti, fashionista, buyers, media lokal dan internasional serta pemerhati mode.

Dari setumpuk rangkaian acara, ada salah satu yang istimewa dan dinanti karena akan menghadirkan peragaan busana khusus untuk merayakan 30 tahun berkarya Ghea Panggabean, desainer senior yang selama ini banyak menggali budaya lokal. Selain itu acara istimewa selanjutnya adalah penampilan khusus karya-karya Oscar Lawalata. Desainer ini pernah meraih penghargaan International Young Creative Entrepreneur (IYCE) 2009, yang diselenggarakan British Council, berkat usahanya mengangkat tenun Nusa Tenggara Timur.

#rancangan Ghea Pangabean dan Oscar Lawalata pada JFW 2009/2010

Selain itu, masih fresh diingatan kita Final Lomba Perancang Mode (LPM) tahun lalu, nah bagi yang rindu sama mereka dan juga finalis LPM tahun sebelumnya, 7 finalisnya (Kursein Karzai, Bethania Agustha, Hian Tjen, Albert Yanuar, Imelda Kartini, Danny Satriadi, Yunita Kosasih) akan kembali hadir di JWF 2010/2011 dengan menampilkan kreasi terbaru dalam show spektakuler bersama Sunsilk. Dengan tema Sunsilk Walk of Creations, Anda akan menikmati sebuah fashion show yang dihias cantik dengan gaya rambut mutakhir, sesuai dengan spirit Sunsilk, yaitu trendy, young, and sophisticated dari Sunsilk Co-Creations, salah satu brand perawatan rambut kelas dunia.

Jangan lupa di JFW 2010/2011 ini juga akan ada pemberian awards untuk dua kategori, yaitu Cleo fashion Awards untuk desainer muda berbakat, dan Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2010. Penasaran gak sih siapa yang menang dan seperti apa desain pemenangnya?

Selain itu, masih ada lagi alasan utama, kenapa harus datang dan menyaksikan Jakarta Fashion Week tahun ini, yaitu Opening Parade Kebaya oleh Edward Hutabarat, Eddy Betty, Suzy L, Ghea, Biyan, Anne Avantie, Adrian Ghan, Priyo Oktaviano, Adjie Notonegoro, Ferry S, Ronald V Ghagana, Ari Seputra & Itang Yunasz, sebagai acara pembuka dari JFW 2010/2011. Lalu ada Pagelaran Cita Tenun Nusantara : Cita Swarna Bumi Sriwijaya, yang menampilkan koleksi 9 Desainer ternama di Indonesia. Dan terakhir adalah Dewi Fashion Knights, yang merupakan acara puncak dari JFW 2010/2011, diisi oleh Stella Rissa, Priyo, Kiata Kwanda, Tex Saverio dan Ali Charisma, ah akhirnya saya melihat adanya pergantian generasi dari Dewi Fashion Knight tahun-tahun sebelumnya, sehingga diharapkan pagelaran tersebut tentu saja lebih segar, muda dan bergairah.

Kalau alasan pribadi, saya ingin melihat rancangan terbarunya mba Lenny Agustin, dan duo perancancang baju muslim favorite saya, Dian Pelangi dan mba Hannie Hananto

*gambar koleksi mereka di JFW tahun lalu*

Pengen tahu jadwal lengkapnya? bisa dilihat disini.

Now, I am ready for Jakarta Fashion Week 2010/2011. Are you?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini:
Website: www.jakartafashionweek.co.id
Facebook: http://.facebook.com/jakartafashionweek
Twitter: @jktfashion
Email: Info@jakartafashionweek.co.id

Leave a Reply

CommentLuv badge