Ingin Lihat Siapa di JFW?

tahukah anda? bahwa hari ini saya sangat senang. mengapa? karena hari ini hingga dan seminggu kedepan, Jakarta Fashion Week dimulai.

lalu apa hubungannya dengan saya senang? karena saya akan datang kesanaaaaaa… yippie. Siapa coba yang ndak senang menghadiri Pagelaran sehebat dan sekelas Internasional seperti ini.

seperti yang kita semua telah ketahhui, mengingat Jakarta Fashion Week (JFW) tahun lalu yang sangat sukses, tidak heran kalau tahun ini JFW diadakan lagi, acara akbar tersebut akan berlangsung selama 1 minggu dari tanggal 14 November 2009-21 November 2009. dimanakan acara ini akan dilaksanakan? ya.. masih sama dengan tahun lalu, diadakan di Pacific Place.

Lalu apa bedanya tahun ini sama tahun lalu? tahun iniii… JFW mengangkat tema “Menuju terwujudnya pusat mode asia” diharapkan untuk membuat orang indonesia bangga mengenakan dan berkarya dengan kain nusantara dan bangga untuk memperkenalkannya ke seluruh pelosok dunia.

Tahun ini, JFW kembali dimeriahkan oleh tak kurang dari 60 desainer top Indonesia yang tergabung dalam APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia), IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia), dan desainer independen. selain itu, pada tanggal 19 November 2009 juga diadakan Final Lomba Perancang Mode Indonesia (LPM) 2009. jadi ingat 2 tahun yang lalu saya iseng mencoba ikut LPM 2007, tapi ndak masuk semifinal apalagi final. dan kali ini saya curious banget pengen ngelihat Final LPM 2009.

tema Parade kali ini adalah menggali inspirasi dari warisan nusantara, gak sabar kan pengen lihat seperti apa kain-kain nusantara kita, yang mungkin bagi sebagian generasi muda tampak membosankan, tapi dengan diangkatnya tema tersebut, diharapkan kita jadi lebih PD dan lebih bangga akan kebudayaan tradisional Indonesia. kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi? dari pada di klaim negara tetangga… :lol:

kalau saya ditanya ingin datang menyaksikan pagelarannya siapa? terus terang saya susah menjawabnya.. karena saya yang kebetulan juga suka sekali menjahit, sangat penasaran dengan perkembangan mode yang paling in saat ini. tapi tentu saja saya punya agenda wajib tonton di JFW kali ini, yaitu (seperti yang sudah saya jelaskan diatas) Final LPM 2009.

sedangkan kalau siapa disainer APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) yang ingin saya saksikan, yg utama adalah tak lain dan tak bukan Anne Avantie (senin 16/11 17.30). sebelumnya pada tahun 2007 ketika peluncuran buku “Aku, Anugrah & Kebaya” kebetulan saya mendapatkan tiket undangan nya, dan saya sangat terpukau oleh disain-disain kebaya tersebut, sehingga tahun ini saya pun kembali penasaran, akan seperti apakah tema / gaya dari koleksi Anne Avantie kali ini. dihari pertama ada 1 disainer yang sangat menarik untuk disaksikan karyanya, yaitu Lennor alias Lenny Agustin (minggu 15/11 16.00 ) karyanya yang colorful dan dinamis serta menggunakan bahantradisional Indonesia sebagai element utama, sangat menarik untuk disaksikan. dare to be different banget deh. masih di hari pertama, saya pengen melihat koleksi-koleksinya Hengki Kawilarang (minggu 15/11 14.00) yang menampilkan koleksinya yang berjudul “unlimited paradise” busana bersiluet modern yang berbahan dasar kain daerah dari sabang sampai merauke. pada hari (senin 16/11 14.00) ada Junie Kwanda yang memiliki tag line, rancangan khusus wanita yang selalu ceria feminine berani tampil beda dan mengedepankan warna-warna berani. serta M by Musa (senin 16/11 19.00) yang bertemakan eksklusif dan elegan.

lalu saya juga sangat tertarik sama rancangannya Ivan Gunawan (selasa 17/11 19.00) ivan yang gaya rancangannya romantis namun nyentrik ini, begitu memukau apalagi kalau melihat artis-artis, banyak yang memakai gaun rancangannya.lalu juga Benten (kamis 19/11 19.00) kolaborasi duo disainer yang memiliki ciri karya teknit kerut dan aplikasi bebatuan serta konsep color block membuat saya terpukau, sehingga penasaran, show seperti apa yang bakal mereka tampilkan. dan Show dari Esmod (selasa 17/11 17.00), dimana saya pernah mengambil kursus singkat pattern making 2 tahun yang lalu.

sedangkan hari rabu (18/11) adalah giliran IPMI (Ikatan Perancang Mode Indonesia) yang mana hampir seharian itu sayantidak sabar menyaksikannya sebab para perancang yang tergabung di IPMI tersebut adalah perancang-perancang favorite saya. sebut saja Kanaya Tabitha dan Ghea Pangabean (19.30) Stephanus Hamy dan Carmanita (17.00) Deny Wirawan (18.00) dan lainnya…

mudah-mudahan mulai besok bisa ikutan serunya live tweeting dari lokasi. oh iya, yang belom nge-add twitternya JFW, silahkan di follow @JKTfashion dan nge-add FaceBook pagenya JFW buat mengetahui berita-berita terbaru seputar JFW.

haduh… kepanjangan ya postingan saya… :D

Leave a Reply

CommentLuv badge