Hidungku sayang…

June 22, 2007

ada apa dengan hidung??? hidung bagi dita adalah masalah yang sangat krusial… kenapa?? karena hampir semua masalah (kesehatan) yang dita hadapi berhubungan dengan hidung.

pertama…
dita pilek sepanjang tahun, alias tak ada satu haripun bagi dita yang bebas penyakit yang satu itu (flu). kenapa bisa begitu?? selidik punya selidik (ke dokter spesialis THT tentunya) dikatakan bahwa dita mengalami suatu anomali (varian normal) septum (pembatas) rongga hidung alias DEVIASI SEPTUM. bila pada orang normal, septumnya normal (ya iyalah…), kalo dita septumnya (kan lubang hidung kita ada 2 nih, kiri dan kanan. septum itu dinding yang membatasi lubang yang kiri dengan yang kanan) cenderung mengarah kekiri ==> so… kalo ke dokter yang sebelumnya belum pernah menangani dita, dita harus bilang begini… “dok, saya deviasi septum kiri dok…” kalo dilihat secara kasat mata sih tidak terlalu terlihat, tapi bila diteliti lebih lanjut akan terlihat kalo hidung dita lubang yang kiri lebih kecil dari yang kanan (tapi ngeliatnya mesti dikeker dulu ya…), kalo kata temen dita yang anak FK sih kelihatan kok dari luar, batang hidungnya agak mengkok ke kiri dikit… DIKIT BANGET…

biarpun dita pilek sepanjang tahun, jangan takut deket2 sama dita yah… karena tidak menular seperti flu biasa (untuk contoh… cairan yang keluar dari hidung dita alias ingus, berwarna bening dan cair, tidak seperti orang yang menderita flu karena virus biasanya akan berwarna sedikit kekuningan dan pekat)

kata dokter, hal tersebut tidak perlu diobatin karena bukan merupakan suatu penyakit.. kalo pun mau dihilangkan adalah memalui jalan operasi (untuk meluruskan yang bengkok). tapi kalo menurut dita ngapain… toh yang di ATAS telah memberikan yang terbaik untuk umatnya.. selama dia tidak merusak penampilan dan mencacat muka (istilah dalam bidang orthodonti atau ilmu merapihkan gigi, itu loh… behel…) ngapain di operasi, iya gak…

ke dua… dita itu mempunyai penyakit Rinitis Alergi, mengakibatkan BERSIN2. gejalanya adalah kalo bangun tidur pasti selalu bersin2, paling ga sampe sehabis mandi ato minum air hangat. yang ekstrim adalah sampe ngeliat matahari… so, kalo seharian kita berada dalam rumah terus, dan tidak keluar rumah dan berkenalan dengan matahari, maka selama satu hari itu dita akan selalu bersin2 dan meler2.. selain itu dita juga sangat peka dengan perubahan cuaca, seperti keluar dari mobil yang ac nya dingin, maka akan bersin2, begitu pula sebaliknya habis dari luar ruangan masuk ke dalam ruangan ber ac maka juga akan bersin2.. terus… kalo minum dingin dita pasti juga akan bersin2selain itu dita juga alergi debu yang juga akan mengakibatkan bersin2. setelah ditanyakan kepada yang berwenang (sekali lagi adalah dokter THT), katanya semua itu diakibatkan oleh Deviasi Septum.. lho kok deviasi septum?? katanya… karena pembatas lubang hidungnya mengalami pembengkokan ato cenderung ke satu sisi, maka dapat mengakibatkan kontrol pengaturan suhu yang seimbang jadi kacau… (dita sendiri udah ga terlalu inget lagi apa kata dokternya, tapi kurang lebih begitu lah…) selain itu, hidung kita khan gunanya juga untuk menyaring apakah ada kotoran yang terhirup, karena deviasi septum jugalah, bila dita berada di dekat2 daerah yang berdebu dita akan bersin2 (penyaringannya kacau..).

oleh dokter dita diberikan obat anti alergi yang harus dita minum setiap hari (tapi dita nya bandel sih, jadi dita cuma minum kalo bersin2nya lagi berat banget…) obatnya anti histamin namanya… karena orang yang alergi itu mengeluarkan histamin… so kita harus minum antinya…

ke tiga… dita juga menderita penyakit Sinusitis Frontalis… kalo sinusitis, pasti rata2 pada tahu khan… yang pasti sinusitis adalah radang sinus dikarenakan oleh ingus yang terjebak dalam sinus kita (sinus adalah rongga2 yang berisi udara pipi kita dan dahi kita). sinusitis frontalis itu sendiri artinya sinusitis yang terjadi pada daerah frontal ato dahi, pada dita adalah dahi kanan.. kata dokternya salah satu penyebab utama dari sinus dita adalah Deviasi Septum yang dita miliki, yang menyebabkan sirkulasi dalam rongga hidung dita tidak berjalan seimbang sehingga terjadi penumpukan ato pengumpulan cairang tersebut pada daerah tertentu. seharusnya bila dia hanya terjebak, tidak menghasilkan sinusitis dunk…. tetapi sialnya ketika dita kerkena flu beneran, yang notabene melibatkan virus flu, si ingus itu terjebak didalam sinus, sehingga dia menjadi sakit… efek yang dita rasakan (dokter meng iya kan) adalah pusyiiiing tujuh keliling dan sakit kepala berat..

bila sinus dita kambuh, dita akan merasa lebih baik tidur saja terus… makan yang banyak, minum vitamin dan suplemen, serta minum obat untuk mengencerkan atau mencairkan akumulasi ingus yang terjebak dalam sinus (oh iya, si ingus tuh ceritanya mengering dan menempel dengan setia di dalam sinus), dan biasanya juga diberikan antibiotik oleh dokter.. bila obatnya di minum, akan mengakibatkan dita meler sepanjang hari… tapi insyaallah bila dita minumnya rajin, dalam jumlah hari tertentu (biasanya 1 minggu) sinusnya sembuh…

ke empat… dita itu gampang banget mimisan. kepanasan dikit (upacara bendera jamannya masih sekolah dulu) mimisan, begadang rutinnan dikit (misalnya menjelang mau ujian kan tidurnya maleman mulu karena belajar) mimisan, kecapekan dikit mimisan, flu yang terlalu berat (dita kan hampir dipastikan pilek sepanjang tahun) mimisan, menggosok hidung bila gatel dikit mimisan…. temen2 dita aja udah pada hafal kebiasaan dita, kalo dita abis begadang banyakkan, trus dikampus tiba2 menunduk sambil menangkupkan tangan ke wajah, mereka semua udah pada parno aja… “dita mimisan ya……!!!!” padahal belum tentu juga… kata dokter “itu nggak papa… tidak berbahaya kok… emang ada orang yang terlalu sensitif dan serabut pembuluh darah di hidungnya gampang pecah alias terluka, tapi itu nggak papa”. btw, tadinya dita taunya kalo mimisan kan disuruh tiduran, sekarang dita malah dikasi tau supaya jangan tiduran, biar darahnya ga balik keatas… selain itu dokternya juga bilang kalo penyebab mimisan diantaranya dapat dipicu karena Deviasi Septum.. WHAT??? AGAIN… iyah… dengan deviasi septum terdapat suatu daerah yang rentan mengalami pendarahan…

untuk yang satu ini emang gak ada obatnya, palingan kalo mimisan dita kasih daun sirih aja…

tapi….

semua masalah dita yang berkaitan dengan hidung, semuanya dihubungkan dengan benang merah bernama DEVIASI SEPTUM…

berarti semua sumber masalah hidung dita adalah Deviasi Septum… n untuk menghilangkan kesemuanya berati deviasi septumnya dunk yang harus diperbaiki ato bahkan dihilangkan..
trus dita harus ngapain dunk??? masa harus di operasi?? dita khan takut sama jarum suntik dan darah (lho?? kok calon dokter gigi takut darah n jarum suntik??)

menurut dita ga usah dioperasi sih, asalkan dita bisa menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan dita, maka kesemua itu dapat dihindari ato gak ditekan sampai ke titik minimal….

hidungku sayang, hidungku sayang…..

-dj(alias dita jilbab)-

2 comments

Comments are closed.