HAI Youth Creative Festival with USBI

Hari Sabtu, 22 Februari 2014 lalu, Eva mengundang saya untuk datang ke USBI Youth Festival di lokasi USBI Pancoran sana. USBI itu apa sih? USBI merupakan singkatan dari Universitas Siswa Bangsa International, salah satu unit bisnis Putera Sampoerna Foundation (PSF) dalam bidang pendidikan. Lalu PSF itu apa? PSF adalah sebuah organisasi yang menjalankan bisnis sosial.

Through four pillars of activities, Putera Sampoerna Foundation is committed to create Indonesian future leaders and entrepreneurs of high caliber with strong moral fiber to meet global challenges.

PSF mempunyai 4 pilar yaitu: pendidikan (salah satunya adalah USBI ini), pemberdayaan wanita, kewirausahaan, dan bantuan kemanusiaan. Setiap pilar mempunyai unit bisnis dan kegiatannya masing-masing.

Lalu apasih USBI Youth Festival ini? Jadi USBI dan majalah HAI berkolaborasi membuat acara untuk mewadahi kegiatan, minat dan bakat para pelajar tanpa meninggalkan edukasi formal. Selain itu juga memberikan pengarahan bagi siswa-siswi SMA yang ingin masuk perguruan tinggi.

Flyer USBI Youth Festival

Lalu ada kegiatan apa saja sih di HAI dan USBI Youth Festival ini?

Musical performances:
Maliq & D’essentials
Killing Me Inside
Bonita and the Hus Band
Sheryl Sheinafia
Intan Ayu

School Exhibition:
School Market with Rp 10,000,000 in prizes; 30 sekolah yang diundang akan menampilkan produk kreatif mereka akan dijual kepada pengunjung dengan booth dan display yang dihias secara kreatif dan atraktif.
Science Fair; 20 sekolah yang diundang akan menujukkan karya ilmiah mereka berupa produk, dan mendemokan produk mereka di depan dosen Science & Technology.
Art Exhibition; berupa pameran karya seni siswa sekolah baik seni rupa ataupun fotografi.

Salah satu hasil karya anak SMK, Miniatur/maket rumah adat Lamin Kalimantan Timur.

IMG_6432

Talk show collaborations:
Hello Motion Founder Wahyu Aditya
Woles and Yeah Right Founder Agitya Priyadi
Agate Founder Arief Nidhiyasa
Sushi Rakyat Founder Dini Utami Putri
Romy Oktaviansyah, Program Head and 3D Animator from International Design School

Nah ada 4 tema talkshow hari itu, dan saya kebetulan mengikuti talkshow yang sesuai sama minat dan (((bakat))) saya. :lol:

Art & Design: mambahas seputar disain komunikasi visual media.
Education: membahas latar belakang pendidikan di Indonesia,
Business: gimana mengembangkan brand, dan pembicaranya berasal dari komunitas etrepreneur
Science & Technology:
mendemonstrasikan tentang teknologi yang berkaitan dengan game, mulai dari konsep sampai pembuatan dan sistem kerja.

Siswa-siswi yang mengikuti workshop ini sangat rajin menyimak dan bertanya, padahal waktu workshopnya itu sendiri sangat terbatas. Senang melihat antusias mereka ini, andai saya terlahir 10-12 tahun lebih lambat.. :mrgreen:

Anyway, bukan acara anak muda namanya kalau gak ada band/musik yang menghibur. Salah satu yang paling saya suka tentunya Maliq & D’Essential.

Kalau kalian baru tamat SMA sekarang, adakah perbedaan hasrat untuk mengambil jurusan yang berbeda sama jurusan kuliah kalian dulu?

6 comments

  1. didut says:

    aku termasuk orang yang tidak tau bakatnya apa. Jadi waktu masuk kampus bisa masuk jurusan ekonomi UNDIP mah udah bersyukur sekali. Masalah kerjanya apa setelah kuliah itu cerita yang berbeda lagi hihihi~

Leave a Reply

CommentLuv badge