Green Smoothie Selama Sebulan, Why Not?

Akhir-akhir ini saya merasa badan udah gak enak banget, kayak begah gitu tapi terasa hampir setiap saat. Belum lagi mama juga udah mulai komentar “kamu kok gendut banget sekarang ya??”

PADAHAL KAN MAMA YANG BIASA MENSUPLAY MAKANAN DIRUMAH *emosi*

Ari dan Widya pun turut andil menyarankan agar saya mulai menjalani hidup sehat dengan berolah raga, yoga, atau diet. Masalahnya, saya itu paling males sama yang namanya diet, dan ngerasa kalau tubuh saya tuh butuh banyak asupan makanan guna mencukupi kebutuhan harian saya yang sangat banyak kegiatan ini *halah*.

Hingga akhirnya di akhir april kemarin, munculah pemberitahuan pengingat bahwa #30DayChallenge nya Simple Green Smoothies bakal ada lagi. Saya pertama kali mengetahui tantangan ini hampir setahun lalu dari Mahmon dan Mamin, tapi entah kenapa rasanya malas banget untuk ikut saat itu juga, jadilah saya subscribe newsletter di web-nya dengan harapan, saat masanya tiba maka saya akan ikut!

Then, here I am…

Di bulan April tahun 2015 ini saya berkomitment untuk rutin membuat dan meminum smoothie yang saya buat setiap hari selama 30 hari.

Berikut akan saya share resepnya (bisa dilihat di webnya juga sih kalau mau). Oh iya, resep yang ada disitu buat 2 orang (2 gelas besar), jadi kalau yang bakal minum cuma sendiri di separohkan saja resepnya. Masalahnya separoh menu yang saya buat saja masih bisa buat 1 mason jar yang besar plus satu gelas buat mama.

Selain itu, kalau buah yang direkomendasikan di resepnya susah ditemukan, boleh di ganti dengan buah lain kok. (so far saya substitute Mangga dengan Buah Naga, beberapa jenis Berries dengan Anggur, dsb).

Nah, ini resep-resepnya ya.. Sisa minggu yang belum ada akan di tambahkan kemudian.

 

 

Tambahan lain, minum green smoothie nya di pagi hari ketika perut kosong, dan hanya satu kali saja sehari ya semacam pengganti sarapan. Makan siang dan makan malam seperti biasa tetap diperlukan. Setelah minum smoothies kalau mau makan usahakan ada jarak satu hingga dua jam. Kalau masih lapar, tapi jarak waktu belum sampai, bisa dimulai dengan makan buah potong saja dulu.

Lalu biasanya bahan-bahan yang dibutuhkan belinya cukup seminggu sekali atau paling tidak seminggu dua kali saja. Saya sih biasa beli di hari Minggu, lalu hari Rabu/Kamis beli tambahan buah-buah dan sayuran yang kebetulan kurang di tengah minggu. Lalu bahan-bahan yang sudah dibeli langsung di cuci, di kupas/di potong-potong lalu di takar sesuai kebutuhan. Setelah itu di pack di plastik zip (yang kayak buat naro obat dari apotek itu loh). Trus taro deh di kulkas atau di freezer tergantung kebutuhan. Lalu di dalam resep ini kan ada satuan CUP. nah Cup nya itu bisa dicari di tempat yang biasa menjual alat-alat masak. Dijual satu set gitu, dengan ukutan 1/4 Cup, 1/3 Cup, 1/2 Cup dan 1 Cup. Oh iya, cara “preparasi” ini juga ada di webnya Simple Green Smoothies sih. Tapi kalau saya pribadi lebih suka mengantongi jenis sayuran dan buah-buahan terpisah gak digabung jadi satu seperti yang ada di gambar dibawah ini.

Usahakan tidak memakai es batu ya, soalnya akan menambah masa air di dalam smoothiesnya. Dan tidak perlu juga menambahkan gula atau susu. Jangan takut akan rasanya, soalnya hampir semua menunya ini memang untuk pemula karena sayuraan yang digunakan kebanyakan bayam saja, baru ada kale di minggu ke dua, dan cilantro di minggu ke-3, dan hampir di semua resepnya juga ada pisang. Segala sesuatu yang di cemplungin pisang rasanya langsung manis.

Satu hal yang paling menyenangkan, dengan nge-share foto-foto dan altered menus ke social media (Path, Twitter, FB dan Instagram), banyak yang nanya-nanya soal ini dan sepertinya pengen ikutan. Well, beneran jadi ikut atau ndak, diluar kuasaku ya. Tapi menginspirasi orang lain buat ikutan hidup sehat tuh bahagianya disini… *tunjuk dada*

Tetimoni: 7 hari pertama minum green smoothie perubahan yang paling terasa adalah BAB jadi lancar banget, lalu wajah saya yang tadinya mulai cenderung kering dari yang sebelumnya berminyakan dan jerawatan sejak usia kepala 3, kembali berminyak… Yeay.

Resep-resep yang sudah di ubah sesuai dengan buah yang lagi musim (atau yang tidak mencekik kantong) ada di Instagram saya. Mungkin nanti kalau sempat akan di post juga di sini sih. :lol:

Ada yang mau cobain minum green smoothies selama sebulan juga? Yuk!

4 comments

  1. Ajeng Lembayung says:

    Aku selalu mau coba smoothies yang pake sayuran ini. Cuma males bikinnya dan bingung resepnya. Dan sempet kepikiran bikinnya susah dan harus pake blender tertentu. Kalo pake resep begini kayaknya bisa dicoba deh. Nanti aku browsing2 resep lagi aaah… :3

    Eh mason jar kamu kapasitas brp ml, dit?
    Ajeng Lembayung recently posted..#Beauty: Cantik yang Gak Repot

Leave a Reply

CommentLuv badge