Gak Makan Nasi? kenapa tidak..

nasi-putih1Beberapa waktu yang lalu (kira-kira bulan November 2009), saya melakukan suatu diet yang aneh, dan sempat dipertanyakan oleh beberapa orang (offline maupun online). Apa/kenapa aneh? soalnya saya gak makan nasi *lirik simbok Venus, faniez, iphann dan Dimas yang sempet nanya*. Masih keinget banget pas JFW 09 saya dateng sambil bawa bekal sebutir kentang rebus dan sebutir telor rebus, dan ditatap aneh oleh beberapa orang teman. Beberapa kali di twitter juga sempat ditegur oleh teman yang heran dan bertanya kenapa gak makan nasi? diet carbo kah? Tapi gak juga sih, soalnya daku toh menyantap kentang dengan lahapnya. Banyak yg bilang, diet carbo gak boleh terus menerus, wiken harus istirahat makan sepuasnya, ada juga yg bilang diet carbo yang bener, gak makan carbohidrat sama sekali, bukan cuman nasi seperti saya, dan ada juga yang bilang (termasuk dokter gigi favorite saya) kalo nasi itu harus, tapi di taker, jadi cuman secangkir kecil aja sekali makan jangan lebih, ada juga yang bilang, ganti aja dit sama nasi merah. Tapi diriku mah tetep aja ngejalanin diet suka-suka yang diriku lalukan selama itu, yaitu gak makan NASI titik.

Kenapa suka-suka? Karena dita ngejalaninnya spontan, tanpa konsul ke dokter/ahli gizi manapun, tanpa baca buku apapun, tanpa dikasi tau siapapun. Waktu itu sempet ngejalanin selama 2 bulan (November-Desember 2009 kalo gak salah) dan berhenti gara-gara jatuh sakit. Tenang duluuuuu… Saya jatuh sakit bukan karena diet nya :cry: Dan jadilah dipaksa nyokap untuk kembali makan nasi.

Apa hasil diet selama 2 bulan dit? ooohh hasilnya adalah beratku turun 3 kilo.. yay!:cool:

Kesan pesan gak makan nasi 2 bulan apa dit? enak! gak laper! sumpah loooo… Beneran gak kerasa laper sama sekali! Aneh ya, padahal dita ini hobi nya “kata orang” memamah biak, alias gak bisa pisah dari yang namanya camilan. Tapi pas selama 2 bulan itu, justru yang namanya nyamil itu gak sama sekali. perut gak berasa kruyukan, camilan utuh di kantong nya gak tersentuh, badan berasa lebih segar, gak gampang lemah, letih, lesu, padahal kan gak makan nasi “yang kalo kata orang Indonesia, belom makan nasi itu artinya belom MAKAN”.:roll:

Terus kok gak dilanjutin dit? Lha gimana mau dilanjutin. Nyokap itu kalo udah bilang A ya A! Gak bisa dibantah. Kalo bilang dita harus makan! Ya artinya dita harus makan (nasi) gak bisa dibantah. Kalau perlu sampe beliau suapin a.k.a cekokin juga bakal beliau lakukan… :shock: Jadi sebagai anak (secara masih numpang makan dirumah beliau) ya saya manut… :(

Lagian ya bok.. Diet gak makan nasi itu imbasnya menguras kocek. Makanan serba MEHEL bok… kan jadinya kalo makan lauk nya doank. Lauk doank seporsi mana kenyang, terpaksa makan banyak. Lha makanan tuh yang mahal kan lauknya, nasi murah kaleeee… Alhasil kepentok sana-sini, balik ke nasi lagi deh… *nangis dipojokan* Btw, dita makan gak milih, mau sayur, buah, daging merah, daging putih (kecuali udang, soalnya alergi) apa aja dita makan. :) Udah gitu, bagusnya dita gak suka manis dan gak suka asin, eh manis suka sih dalam bentuk makanan tapinya, kalo buat minuman gitu tetep tawar is the best. Buktinya kalo minum kopi sama teh harus tawar, kalo manis bisa-bisa dita minta ganti sama mas-mas nya. Efek nyokap gak suka minum manis, jadi keikut dari kecil, padahal bokap doyan manis banget-banget-banget.:lol:

Dan saya itu paling males olah raga. Pernah tuh dihadiahin member fitnes selama setahun sama temen, tetep aja gak fitnes juga.. Emang dasar saya pemalas, ketahuan sama yang ngasih, akhirnya dia tutup :( ya sudah lah, emang salah saya, mau gimana lagi…

Akhirnya gara-gara kopdar #AsoySoyjoy nendang Dimas ke Jepang Jumat malem kemaren, saya kami semua mendapat pencerahan bahwa diet aneh yang saya lakukan beberapa bulan yang lalu itu gak aneh. Karena Mas @aidilakbar (yang finansial planner itu loh) juga telah menjalaninya selama 6 tahun dan beliau masih hidup segar bugar selama ini.. fiuh :lol: Dan selain itu masih banyak tips-tips sehat dari beliau kemaren apa isinya, bentar saya tengok twitter dulu

*Berhubung males, maka diriku nyalin dari twit jumat kemaren aja ya… Dari akun diriku (@fairyteeth), @dimasnovriandi, @soyjoyID, dan dari pencarian harshtag #AsoySoyjoy dan #SoyjoyHealthylicious*

x2_139fa54Sharing bareng @Aidilakbar soal berat badannya yang hampir 100kg berhasil nurunin berat badannya 27 kg selama 3 tahun (15 kg di tahung pertama) berhenti makan nasi. Sampai saat ini, beliau udah berhenti makan nasi selama 6 tahun. Menurut mas Aidil NASI itu paling JAHAT, kalo mau cepet kurus kurangin asupan karbohidraaat…. Sejak terkena Ada penyakit fatty liver, livernya terbungkus lemak dan lama2 lemaknya memakan enzim di hati, Beliau berhenti makan nasi.. Kalo mau nyoba takut gak kuat, coba 3 minggu (biar perut kita adjust dulu) berhenti makan nasi diganti makan carbo yg lain gak papa, bukan berarti kita berhenti makan carbo sama sekali, diganti dengan kentang, jagung, dan lauk-pauk sehat lainnya. Kalo gak bisa drastis, makan nasi nya dikurangin aja setengah. Tubuh menyesuaikan pola asupan makanan stelah diet hr ke.21, biar gak kaget. Abis itu kurangin lg. Baru gak makan nasi sama sekali. Btw, katanya lagi nih ya, makan kentang sampai 4 butir sehari aja gak papa loooohhh…

Knepa nasi itu jahat? Ternyata nasi itu jadi faktor Indonesia (hampir) peringkat 4 pengidap Diabetes. Jadi jangan takut kalo gak makan nasi, tidak berbahaya kok.. Dia aja sukses 6th gak makan nasi.. Jangan ganti nasi sama mie! Mie itu lebih jahat. Terutama mie kuning soalnya isinya macem2. Mending mie putih: kwetiaw, udon, pasta,bihun. Kalau makan janga terburu-buru, soalnya antara perut-otak jaraknya 32 menit jd biar menghemat makan minum aer putih 1 gelas, makan sayur dulu kalo perlu sama kuah-kuahnya, br “main dish” dan dikunyah 30x. Udah gitu ya, ternyata kita makan tuh harus sering tapi HARUS sedikit, soalnya kalo makan, tubuh kita memproses terus jd lemaknya ilang di ganti energi.

mineral-waterSelain itu mas Aidil Akbar juga melakukan diet air putih. Bangun tidur minum aer putih minimal 1 botol sekali glek.. Kalo bisa malah 2liter sekali minum. Emang sih efeknya jadi beser, tapi air putih bagus untuk kesehatan dan buat detoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Dan katanya yang kerja di depan komputer tiap 1,5 jam harus jalan (meregangkan badan) sama WAJIB banyak minum aer putih.

Oh iya… Kalo makan ayam, kulitnya jangan dimakan. Hati2 sama kulit ayam, terutama ayam negri. Knp kulit ayam negri ga baik dmakan? krn bahan2 kimia yg disuntikkan ke ayam itu ada di bwh jaringan kulit. Buang aja itu kulit Jahat!! Jangan dimakan.

Nah pengen kurus dan sehat… Cukup atur makan.. Olah raga itu bonus.. Sekali seminggu atau 2x seminggu cukup. Olahraga terbaik utk menguras kalori : CARDIO. Lari atau jalan cepat? tentunya JALAN CEPAT :) Soalnya tubuh ngebakar kalori di detak jantung 120 jadi mending jalan cepet. Tapiiii kesalahan org2 yg lari pagi di senayan : abis lari ngelilingin senayan, langsung sarapan bubur ayam, ya sama aja bohong. Btw, cardio itu sebaiknya minimal 30 menit. Soalnya 15-20 menit pertama itu kayak lagi manasin mesin, belom ngebakar energi, jadi kalo baru 10 menit lari/jalan cepet terus capek, duduk-duduk, ngerokok, makan, ya percuma, energi belom dibakar, udah masuk makanan lagi :D Kalo treadmill jangan cepet capek terus berhenti soalnya 15 menit pertama cuman pemanasan doank menit ke 21 baru bakar kalori (kayak manasih mobil ya? :lol: ).

Satu lagi yang harus diperhatikan, hati2 klo suka makan jeroan dan gula. Lebih baik investasi di makanan2 sehat, soalnya Biaya ICU 3bln 600jt.

Udah gitu, kalau pola makan udah dijaga, olah raga udah, tubuh masih gak sehat juga?? udah tidur yang cukup belom? Nah tidur yang baik itu antara 7-8 jam perhari. Tidur harus banyak! tapi yang deep nap alias nyenyak :D

Btw, sedikit tambahan dari mas Aidil Akbar, Diet golongan darah lagi ngetop! Kalo gol A jangan makan daging merah sama sekali. Daging putih aja. Buat yang golongan darah O: perbanyak daging merah, hindari nasi.

#trivia: Kata mas @AidilAkbar gak makan nasi, bikin kulit lebih putih:shock:

Nah kalau semua itu sudah dilakukan, jangan lupa coba medical check-up (sebelom dan sesudah) siapa tau lever nya kena fatty lever. Soalnya @AidilAkbar baru bisa sembuh (ilang) setelah 3th. :(

x2_138bc63Dipenghujung acara @ghea_oktarin (Ghea Idol) ikutan share pengalaman dia di #AsoySoyjoy soal makan soyjoy wow.. ^o^ sehari 2 bungkus-an lah, biasanya makan yg raisin. lalu ada yang bertanya, ngefek gak berat badan sama suara? Ngefek kata @ghea_oktarin soalnya nyanyi kan geraknya banyak butuh stamina juga. So.. yang penyanyi.. kesehatan juga harus dijaga yaaa… biar suara sama stamina terjamin :D

Btw, bantu tendang sohibku Dimas ke Jepang yuk.. kali2 bisa nitip miyabi.. eh :roll: tinggal vote di http://bit.ly/votedimas Makasih… :mrgreen:

31 comments

  1. mufti says:

    saya juga mulai berhenti makan nasi dan. giat giatnya olah raga setelah 4 bulan berat saya turun dari 86kg menjadi 72 hehe, cuma sayur direbus,buah dijus tanpa gula atau makan langsung (terutama apel) sesekali daging sapi atau ayam.. panggang atau rebus,saya usahakan makan makanan yang tidak di goreng,sampai saat ini saya merasa sangat fit dan tidak ada keluhan

  2. vicky says:

    aku juga sudah berhenti makan nasi. kira kira 4 bulanan lah. dan hasilnya berat ku turun dari 75-61 dg tinggi 169 , lumayan ideal ???? tapi aku juga mengimbanginya dg olahraga setiap hari. tapi ada masalah atau kendala dalam menjalani diet ini, nyokap ku yg maksa buat makan nasi ????????

  3. linda pangestika says:

    Setuju stuju nasi itu jahat aku udh gak makan nasi 2 blnan berat turun 10 kilo dr 83 skrg 73 dan mah akn dilanjutin no nasi pokoknya lah buat aku dibadan lbh sehat olahraga tiap hari juga yg ringan2 untuk irt ky aku olahraganya smbil momong anak sma liat tv aja trimer magnetik sama barbel kecil 2 kilo udah hempas manja lemak2 akyu hehe lbh maksimal olahraga mlm biar pas tdr bakar lemak.trs juga diet gak makan nasi gak nyikda krn aku makan sayur tahu buah pisang pepaya dan buah2han lain pokoknya semangat yg lg nurunin bb ya kt berjuang brg hehehe

Leave a Reply

CommentLuv badge