Final LPA 2010: MODERN URBANITES at JFW 10/11

LPA (Lomba Perancang Aksesoris) dan LPM (Lomba Perancang Mode) diadakan seling setahun sekali di Jakarta Fashion Week 2010/2011, dan tahun ini adalah waktu nya digelar LPA 2010. Dari 322 pendaftar yang masuk, ternyata tidak hanya dari orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, ada juga orang Indonesia yang kebetulan tinggal di Perancis dan China ikut mendaftar, disaring menjadi 15 semifinalis masing-masing 5 semifinalis untuk setiap kategori. ke 3 Kategori tersebut adalah Custome Jewelry, Tas, dan Sepatu. dari total 322 pendaftar, 60 persen nya ternyata mendaftar untuk kategori Custom Jewelry, lalu sisanya rata antara Tas dan Sepatu.

Berikut 5 Semifinalis Kategori Custome Jewelry:

Anindita Putri [Coloureds Cubism]

Aditya Novali [Ensembles to Wear]

Syerin Aliriena Tjandra [un-Eternally Precious]


Priyo Salim [Rembulan Terselip di Metropolitan]

Larasati Dewangga Putri [Starch Felsic]

5 Semifinalis Kategori Tas:

Andini Ilyas [Crystal Clear]

Hesty Wijayanti [Scream for Gaga]

Soetjipto Hoeijaja [Hand Bouquet]

Fiskashany [Romantic Dinasty Princess]

Tria Nursatiti [Futuriplastic]

5 Semifinalis Kategori Sepatu:

Asti Tiara A. Bachtiar [Futurism]

Giffarin Rindiwandana [She's Got Rhythm]

Sulistiarum [Urban Step]

Helen Kumala [Fanciful Geta]

S D Francisco [Tiger Appeal]

Setelah disuguhi show dari 15 semifinalis LPA tahun ini, dan diselingi Show Koleksi terbaru Jhon Hardy yang dibalut busana Oka Diputra maka tibalah kita ke pengumuman pemenang. Siapa pemenang Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2010?. Mereka adalah Larasati Dewangga Putri, pemenang untuk kategori perhiasan, Soetjipto Hoeijaja, pemenang kategori tas dan Giffarin Rindiwandana, pemenang kategori sepatu. Sementara pemenang favorit diraih oleh Helen Kumala yang merancang sepatu bertema Fanciful Geta.

Sejak show dimulai di fashion tent Jakarta Fashion Week 2010, pada 12 November, karya-karya pemenang memang telah mengundang tepuk tangan dan komentar positif dari para pengunjung show. Sebagaimana Larasati misalnya, yang memperlihatkan perhiasan rancangan nya yang bertema Starch Felsic sangat unik dengan warna-warna cerah yang detilnya disusun dari korek api dan pensil warna. Sekalipun dari materi yang tak biasa, karya ini terlihat sangat rapi dan wearable.

Sambutan meriah pun diberikan penonton saat para model memasuki panggung diiringi musik menghentak menggunakan sepatu bertema She’s Got Rhtym rancangan Giffarin. Sepatu boots ini langsung mencuri perhatian dengan warna-warna shocking dan rumbai-rumbai di belakangnya. Sepatu nya sendiri terbuat dari kulit domba asli yang di bordir dengan warna shocking yang memiliki alur seperti ritme kehidupan wanita modern di kota besar.

Sementara di kesempatan lain, tas bertema Hand Bouquet karya Soetjipto pun tak kalah serunya. Tas tangan dengan tiga ukuran berbeda dihiasi denga tali dari rantai emas dan bagian depannya dipenuhi dengan lukisan bunga pink yang mengingatkan pada etnik China. Wanita mana yang tidak suka bunga, begitu katanya. Hal tersebutlah yang mengilhami Soetjipto dalam merancang tas-tas nya. Lama pembuatan tas selama 2 minggu dan lukisan yang ada di permukaan tas itu dibuat hand made selama 1 minggu.

Helen mengatakan walau tema nya Modern Urbanites, tapi dia ingin mengangkat barang-barang yang udah lama dan jarang dipakai seperti kelom menjadi sesuatu yang cantik dan menarik buat digunakan. untuk hiasannya dia menggunakan tikar atau kipas yang biasa ada di dapur tapi dibikin trendi sehingga menghasilkan sepatu-sepatu yang sangat menarik, dan tampak nya disukai orang banyak, sehingga ia berhasil menjadi pemenang favorit yang berhasil mengantongi 40 % perolehan sms.

Selain pemenang utama dan pemenang favorit, ada pula pemenang penghargaan khusus yang diberikan Bank Negara Indonesia (BNI) pada Giffarin atas rancangannya yang memukau. Parapemenang mendapatkan hadiah berupa tabungan Taplus BNI dan bingkisan dari Feminagrup.

Selamat ya buat ke 4 pemenang yang selain mendapatkan uang tunai juga mendapatkan kesempatan untuk internship di Rotelli (pemenang kategori Tas dan Sepatu) dan di John Hardy (pemenang kategori custome jewelery). Ditunggu rancangan-rancangan indah berikutnya.

#klik gambar untuk memperbesar

#untuk melihat koleksi foto yang lebih lengkap bisa cek di sini

One comment

Leave a Reply

CommentLuv badge