Fashion in Ancient Sumerian

Pakaian apa yang dipakai oleh bangsa Sumeria (Peradaban awal Mesopotamia) kuno?

Bangsa Sumeria membuat pakaian mereka dengan menggunakan sumber daya alam yang tersedia disekitar mereka. Pakaian-pakaian itu terbuat dari kulit, wol dan rami yang bisa mereka tanam/pelihara dan panen sendiri. Wol adalah kain yang paling umum digunakan untuk membuat pakaian di Mesopotamia dan digunakan untuk hampir setiap jenis pakaian dari jubah ke sepatu. Tebal dan tipis pakaian yang dibuat dan dikenakan tergantung musim yang sedang berlangsung. Seperti kita sekarang, pakaian yang lebih tebal akan dikenakan di musim dingin dan pakaian yang tipis akan dikenakan di musim panas. Bangsa Sumeria mengenal tehnik ‘Globelin’ dalam memberi ornamen pada kain, yaitu perpaduan antara menenun dan menyulam

tassels

Pria Sumeria awal biasanya memakai cawat kecil. Kemudian rok mulai diperkenalkan, sehingga kaum pria bertelanjang dada dan mengenakan rok selutut atau lebih rendah yang diikat di pinggang oleh sabuk  tebal bulat yang terikat di belakang. Rok ini biasanya dihiasi dengan rumpai pada pinggirnya atau potongan kain yang dipotong dalam bentuk kelopak. Semua kelas laki-laki di Sumeria memakai jenis rok seperti ini. Pria berstatus tinggi, seperti raja dan perwira militer, juga mengenakan jubah wol biru dicelup, merah, ungu, atau putih.

assyrian_huntingdress assyriacup

king_assur_nasir_pal_assyian_clothing assyrian_ mythologic_100bc

Wanita Sumeria awal hanya mengenakan selendang yang melilit tubuh mereka. Syal ini sering dihiasi dengan pola sederhana pada bagian pinggirnya atau pola penuh. Kemudian mereka mengenakan gaun yang menutupi dari bahu hingga pergelangan kaki mereka. Lengan kanan dan bahu dibiarkan terbuka. Ini termasuk rok seperti yang dipakai oleh pria dan syal atau atasan yang juga memiliki hiasan pada bagian pinggirnya. Pada akhir pemerintahan Sumeria sekitar 2000 SM baik pria maupun wanita mengenakan rok dan selendang.

Ancient_Assyrian_Girls_by_Scargut_the_GutlessAncient_Sumerian_Gals_by_Scargut_the_Gutless

Meskipun masyarakat Sumeria yang kaya dan miskin mengenakan jenis pakaian yang sama, Orang kayanya akan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan mahal dan mewah. Para wanita kaya dan putri raja juga mengenakan pakaian yang berwarna-warni dan cerah.

Pria tampil dengan dicukur bersih atau memiliki rambut panjang dan jenggot. Sedang wanita mengurai rambut panjang mereka, tetapi biasanya rambut mereka dikepang dan melilit kepala mereka. Saat menjamu tamu, wanita akan menempatkan hiasan kepala di rambut mereka.

Masyarakat Sumeria dianggap sebagai penata rambut sejati pertama. Kecakapan mereka untuk memotong, mengeriting, mewarnai dikagumi oleh peradaban lain di Timur Tengah. Rambut dan jenggot yang diminyaki, berwarna dan wangi. Rambut panjang wanita dan jenggot panjang pria dipotong dalam bentuk geometris simetris dan dikeriting oleh para budak dengan besi yang dipanaskan di api.

Baik pria maupun wanita mengenakan anting-anting dan kalung. Bila ada perayaan, mereka akan mengenakan perhiasan yang lebih mewah dan banyak. Bangsa Sumeria yang kaya sering memakai perhiasan emas yang indah dan gelang perak serta anting-anting. Kalung-kalung bertatahkan batu mulia juga suka mereka kenakan. Beberapa dari batu-batu ini adalah lapis lazuli dan Akik. Hiasan kepala anggota kerajaan berbentuk mahkota lapis dan bertanduk.

220px-Reconstructed_sumerian_headgear_necklaces_british_museum

Alas kaki untuk kedua jenis kelamin terbuat dari kain atau kulit lembut dalam bentuk sandal atau sepatu. Sandal adalah bentuk utama dari alas kaki di Mesopotamia kuno, Mesir, Yunani dan Roma. Sepatu boots pertama dikembangkan oleh Masyarakat Sumeria sekitar 1100 SM terutama untuk digunakan dalam peperangan. Tingginya hingga pertengahan betis, dan memiliki kulit dicampur depan. Sol dan diperkuat dengan logam. Ada bukti bahwa orang Sumeria membuat kedua sepatu untuk kanan dan kiri.

sumerian shoes

Demikian mengenai pakaian-pakaian bangsa Sumerian kuno. Potongan jawaban dari pertanyaan yang ada di post yang ini ada dipostingan sambungannya yaitu Anne Hathaway in a dress inspired by Ancient Sumerian.

4 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge