Fashion in Ancient Greece

Pakaian Yunani Kuno (Ancient Greece) biasanya merupakan kain tenunan buatan sendiri, terbuat dari wol atau linen. Kain-kain mereka sangat berwarna dan sedikit memiliki disain yang agak rumit, terlihat dari vas dan patung-patung mereka. Bahan yang digunakan untuk memproduksi pakaian dicelup oleh tanaman alami. Wol diimport dari India pada abad ke 5, kemudian diproduksi dan dijual dengan harga mahal. Keluarga miskin membuat pakaian mereka sendiri, sementara yang kaya yang bisa membelinya.

Pakaian untuk wanita dan pria terdiri dari dua macam pakaian utama, yaitu tunik (baik peplos atau chiton) dan jubah (himation). Peplos adalah kain persegi panjang besar yang berat, biasanya terbuat dari bahan wol, dilipat sepanjang tepi atas sehingga lipatannya (Apoptygma) akan mencapai pinggang. Itu ditempatkan di sekitar tubuh dan diikat di bahu dengan pin/bros (fibula). Ada lubang untuk kedua tangan di setiap sisi, dan sisi terbuka kain itu dibiarkan saja menjuntai, disematkan pin atau dijahit untuk membentuk jahitan.

 peplos-drawingSmall           peplos2

Chiton terbuat dari bahan yang lebih ringan, biasanya linen. sebuah kain persegi panjang yang sangat panjang dan sangat luas, Chitons dibentuk oleh mengalungkan sepotong persegi panjang berbentuk kain menutupi seluruh tubuh dengan kemudian di ikat dengan sabuk, kait, kancing, atau bros. Seringkali chiton cukup lebar untuk memiliki lengan yang diikat di sepanjang lengan atas dengan pin atau tombol. Baik peplos dan chiton adalah pakaian yang panjang hingga ke meta kaki yang biasanya cukup panjang untuk diikat dengan sabuk, sehingga menciptakan kantong yang dikenal sebagai kolpos. Di bawah pakaian tadi, seorang wanita biasanya mengenakan pita lembut, yang dikenal sebagai strophion, sekitar bagian tengah tubuh.

chiton3Smallchiton2

chiton

Pria di Yunani kuno lazim mengenakan chiton mirip dengan yang dikenakan oleh wanita, namun panjangnya selutut atau lebih pendek. Sebuah exomis (chiton pendek yang diikat pada bahu kiri) dipakai untuk latihan, berkuda, atau kerja paksa.

        Image4                      exomis1328496219029

Himation (jubah) yang dikenakan oleh pria dan wanita pada dasarnya sepotong kain persegi panjang yang berat, baik wol atau linen. Tersampir secara diagonal pada satu bahu atau kedua bahu secara simetris, seperti stola. Para pria biasanya mengenakan himation selutut sementara perempuan panjang.

             himation himation2

himation1

Dimulai dengan abad keenam pakaian dihiasi dengan berbagai macam warna. Kemudian tunik digantikan oleh kain tipis atau kadang-kadang sutra. Pada saat ini kain jauh lebih luas dan bisa mengukur sampai 10 kaki lebar. Panjang diukur dari bahu pemakainya ke pergelangan kaki tanpa tambahan. Tunik ini diikat pada kedua sisi leher dengan dua pin panjang atau bros logam yang disebut fibula. Kain itu ditarik di pinggang dengan ikat pinggang. Pada saat ini lengan chiton yang populer dengan wanita. Ini dibuat dengan ikat ujung kain potongan dua kali dari bahu ke pergelangan tangan. Kain menjauh dari setiap gesper membuat bukaan berbentuk oval sepanjang lengan.

peplos (1)

(bermacam2 penggunaan Peplos dan Chiton)

Perempuan kadang-kadang mengenakan epiblema (selendang) atas peplos atau chiton. Laki-laki muda sering mengenakan khlamis (jubah pendek melingkar) untuk berkuda.

                     chlamys           chlamys

Pria Yunani sesekali mengenakan topi bertepi lebar (Petasos), dan pada kesempatan langka, wanita Yunani mengenakan satu topi datar bertepi dengan mahkota memuncak tinggi. Topi pertama diciptakan oleh orang-orang Yunani untuk dikenakan saat bepergian. Topi memiliki tali untuk menahan pada dagu.

                    Petasos01         Petasos02

Perempuan dan laki-laki memakai sandal, sepatu yang lembut, atau boots yang terbuat dari kulit ketika pergi keluar. Sedang bila di rumah mereka biasanya bertelanjang kaki. Para wanita mengenakan sepatu boot panjang sepergelangan kaki sementara para pria mengenakan sepatu bot berat dengan tali.

judeansandalKarbatinai

Demikian mengenai pakaian-pakaian pada masa Yunani kuno. Awalnya dikira salah satu soal dari pertanyaan yang ada di post yang ini akan cukup satu kali post, ternyata tidak, maka postingan sambungannya akan mengenai Anne Hathaway in a dress inspired by Ancient Greece…

6 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge