#DokterUntukSemua Karena Sehat Adalah Hak Untuk Semua Orang!

 

Jumlah anak dengan HIV/AIDS (ADHA) memang jauh lebih sedikit dibanding dengan jumlah orang dewasa (ODHA), yaitu 3,7% dari 191.073/Maret 2016. ADHA sebagian besar terinfeksi dari orangtuanya, baik pada saat dalam kandungan, pada proses kelahiran, maupun proses menyusui.

Anak yang terinfeksi maupun yang terdampak HIV adalah anak-anak yang rentan. Mereka yang terinfeksi HIV rentan menjadi sakit dan mengalami diskriminasi. Sementara anak yang terdampak rentan menjadi tak terurus karena kematian orangtua mereka akibat HIV.

Adanya virus HIV di dalam tubuh mereka dan obat ARV yang dikonsumsi berdampak menurunnya produksi saliva di dalam mulut sehingga mereka rentan terkena karies atau gigi berlubang. Adanya karies akan mengakibatkan penurunan asupan gizi dan nutrisi, turunnya daya konsentrasi dalam proses belajar di sekolah, serta peningkatan biaya-biaya tambahan yang tidak dibutuhkan.

Sebenarnya anak dengan HIV dapat hidup seperti anak-anak lain dengan adanya dukungan dari keluarga, masyarakat, dan negara. Namun sedikitnya jumlah ADHA mengakibatkan terbatasnya jumlah lembaga, organisasi, maupun program yang berfokus pada anak-anak ini.

Yuk bersama #DokterUntukSemua kita bantu ADHA mendapatkan rongga mulut yang sehat sehingga mereka bisa hidup normal layaknya anak-anak lain. Bila kamu dokter/dokter gigi, mari gabung bersama kami menjadi Relawan #DokterUntukSemua. Untuk yang ingin berdonasi transfer ke BCA 5855031831 a/n Dita Firdiana. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi 08121353444 (Widya).

Karena sehat adalah hak semua orang dan kami ada untuk itu!

Leave a Reply

CommentLuv badge