Coca Cola Live Positively

Setelah seminggu penuh cuman bisa denger iklan nya doank di Radio, gak nyangka bahwa pada hari Sabtu lalu (16102010), akhirnya dita beneran bisa dateng ke acaranya Coca Cola Live Positively di Mall Kelapa Gading 3.

Coca Cola Live Positively merupakan program dari Coca Cola yang bertujuan membuat dunia dimana semua orang memiliki akses terhadap air bersih, dimana kemasan memiliki manfaat lebih dari fungsi dasarnya, dimana masyarakat dapat hidup sehat dan sejahtera.

Apakah semua itu mungkin? Ya mungkin saja, karena Live Positively adalah komitmen dari Coca Cola untuk membawa perubahan positif di Indonesia dengan memperhatikan seluruh aspek dalam mata rantai usaha mereka.

Nah melalui program ini Coca Cola bermaksud menciptakan dampak positif pada 7 pilar yang terangkai dalam elemen Pasar, Komunitas, Lingkungan Hidup dan Tempat Kerja.

Ke 7 pilar itu sendiri dalam acara Coca Cola Live Positively yang berlangsung Jumat dan Sabtu (15-16 Oktober) kemarin, disuguhkan dalam bentuk booth-booth permainan, yang mana didalamnya mengandung arti dan nilai-nilai yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan slogan “mulailah dari diri sendiri…” Dengan mengikuti 7 permainan tersebut, dan melengkapi ke 7 capnya, kita bisa mendapatkan sebuah T-Shirt unik yang terbuat dari Recycled PET/Botol Plastik Daur ulang… Supppeerr Yaynessss….

Saya memulai game nya dari

Sustainable Packaging (Kemasan Berkelanjutan)

Gamenya sendiri berupa melempar 5 buah botol plastik/kaleng kedalam tong sampah.

Pesannya adalah menyebarkan kegembiraan, bukan sampah. Satu langkah daur ulang sangat berguna untuk Indahnya Negri kita. Selain itu tentu saja memilah dan memilih sampah kaleng dan plastik jangan digabung dengan sampah basah yang larut dalam tanah, jangan asal buang sampah ke tempat yang salah. Dan selalu daur ulang botol minuman bekasmu, dengan cara yang berbeda-beda dan yang sanggup kamu lakukan, atau serahkan pada ahlinya.

Disana juga ada stand bapak pembuat mainan/pajangan hasil daur ulang dari botol bekas Coca Cola, Fanta, Sprite, Frestea, Pulpy, dll. Hasilnya sungguh menarik dan super kreatif, gak nyangka bahwa semua hasil karya yg berseni tinggi itu terbuat dari botol plastik bekas.

Game berikutnya adalah

Energy Management & Climate Protection (Manajemen Energi & Perlindungan Iklim)

Disini saya disuruh menyusun 6 kubus besar, yang setelah disusun, hasil akhirnya menggambarkan tangan yang membawa bibit pohon untuk ditamankan.

Pesan moralnya adalah, agar kita ikut melakukan perubaha positif seperti mencoba untuk mulai meninggalkan mobil dirumah dan kemana-mana naik sepeda atau jalan kaki bila jaraknya dekat, ya kalo jaraknya jauh kan bisa naik angkutan umum, atau carpooling berangkat bersama teman-teman yang searah. Selain itu biasakan menggunakan lampu pada malam hari saja, dan siangnya kita pake lampu alam (baca: matahari), dan mematikan AC atau TV ketika sedang tidak digunakan.

Lalu selanjutnya saya mampir ke booth

Active, Healthy Living (Gaya Hidup Aktif dan Sehat)

Disini saya disuruh menendang bola masuk ke gawang.


Pesannya adalah, agar masyarakat dapat menjalankan gaya hidup sehat. Coca Cola sendiri terus mendukung program-progam yang digemari anak muda seperti Olah raga, dan Musik. Tentunya agar generasi kita jadi generasi yang sehat dan aktif, dan bukan generasi yang gemar merusak diri sendiri dengan melakukan sex bebas ataupun narkoba. Karena didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Ternyata kalo mau sehat dan langsing itu gampang kok, cukup berjalan 30 menit sehari saja sudah membakar 107 kalori, selain itu dengan mesang musik yang asik dan joged-joged 30 menit mampu membakar 251 kalori, gak susah kan?

Booth selanjutnya terdapat layar monitor

Global Water Stewardship (Perlindungan Terhadap Air)

Disini saya diharuskan menjawab 7 pertanyaan mengenai lingkungan hidup khususnya yang berbau-bau AIR.

Pesan dibaliknya, selain mengetahui secara tepat pengetahuan tentang air, dan bagaimana cara menghemat persediaan air bersih bumi kita yang jumlahnya sudah tidak sebanyak dan semelimpah dulu, Coca Cola juga memastikan bahwa mereka mengembalikan secara aman ke masyarakat dan alam sejumlah air yang setara dengan yang digunakan dalam proses produksi. Selain itu Coca Cola juga memastikan bahwa limbah air pabriknya diolah dengan ketat sehingga aman ketika dikembalikan ke alam, dan tak lupa banyaknya program-program air bersih yang dilaksanakan oleh Coca Cola.

Game selanjutnya adalah

Beverage Benefits (Manfaat Produk)

Disini saya kembali dihadapkan dengan monitor, tapi bukan game yang harus dimainkan, melainkan alat untuk mengukur berapa banyak yang diperlukan tubuh saya selama 1 hari, hasil yang saya ingat adalah minimal meminum 2,7 liter atau sama dengan 9 gelas. Hasil yang diperoleh setiap orang berbeda, tergantung berat dan tinggi badan, jenis kelamin, serta usia.

Siapa sih yang gak kenal kesegaran minuman Coca Cola? Dari saya kecil sampe sekarang ini, Coca Cola gak pernah outdated, bahkan selalu mengikuti gaya dan perkembangan terkini, termasuk bentuk botol yang menyesuaikan dengan gaya hidup tiap jamannya.

Pesan dari booth ini selain jumlah air yang dibutuhkan tubuh yang berarti kita harus sedia minum selalu, apapun jenis minumannya. Dan minumlah secara rutin, saat haus maupun tidak, karena sebenarnya saat kita haus, tubuh telah kehilangan 2-5 cangkir cairan tubuh. Haduuuhh gawat kaaann… Jangan lupa untuk membuat pilihan cerdas saat membeli minuman, dan usahakan untuk membaca informasi yang terdapat pada kemasan, dan belilah sesuai dengan kebutuhan kita.

Masih tersisa 2 booth lagi,

Community (Komunitas)

Disini tampak pohon tempat menggantungkan harapan/janji, kita disuruh nulis apa janji kita terhadap komunitas. Kalau tidak salah ingat waktu itu saya menuliskan, akan mencoba semakin sering menggunakan angkutan umum daripada membawa mobil pribadi, dan mengurangi pemakaian AC bila tidak perlu-perlu amat. Yah emang gak ada hubungan nya sama komunitas sih, but at least saya berfikir itu yang bisa saya lakukan untuk lingkungan hidup saya yang lebih baik.


Pesan nya, bahwa kita dapat mendukung komunitas lokal, seperti yang sudah dilakukan Coca Cola dengan @mitranetra (salah satu contohnya) yang mana semua nya bertujuan untuk mengembangkan ekonomi, memperbaiki taraf hidup serta menciptakan kesempatan. Seluruh program lokal Coca Cola berfokus pada bidang pendidikan, pengembangan generasi muda, lingkungan, serta penanganan bencana.

Oh iya, dari senin nya, Coca Cola menyumbangkan 1 set Computer untuk setiap 200 hashtag #liveplus perhari. Dan saat Sabtu itu acara dilangsungkan, sudah mencapai 1400 hastag atau sama dengan 7 PC. Keren yaaaaa….

Booth terakhir adalah

Workplace (Lingkungan Kerja)

Disini ada monitor dan keyboard, dimana kita disuruh menuliskan harapan terhadap lingkungan/tempat kerja kita. Saat itu kalo tidak salah, saya menuliskan, “semoga kedepannya, tempat penitipan/bermain anak digedung-gedung perkantoran semakin banyak, sehingga anak-anak yang ke2 orang tuanya bekerja, tidak perlu ditinggal dirumah, cukup dititipkan pada pagi hari disitu, lalu ketika ibunya pulang kantor anaknya diambil lagi.

Pesannya, lingkungan kerja dimana hak-hak karyawannya dihargai, sehingga mereka selalu terinspirasi untuk memberikan kinerja yang terbaik. Selain itu menciptakan lingkungan kerja yang terbuka, aman dan sehat dimana seluruh karyawan diperlakukan dengan adil dan hormat.

Kelar mendapatkan 7 cap dari masing-masing booth, barulah bisa ditukarkan dengan kaos keren hasil daur ulang. Senang seharian menghabiskan waktu di acara Coca Cola Positively yang tentunya bermanfaat dan merubah cara pandang terhadap sebotol minuman soda. Bahwa dibalik sebotol minuman, banyak hal terkandung didalamnya, dan banyak pihak yang terlibat didalamnya.

So, hidup lebih positif? Why not?… :)

7 comments

  1. ehsan says:

    tema yang diangkat keren2..

    tapi saya berharap itu tidak berhenti sekedar di slogan promosi dan permainan belaka.

    semoga sosialisai ini bisa mengena terutama pihak-pihak yang memiliki otoritas dalam mewujudkan impian di atas.

    sebagai contah pemanfaatan limbah dan daur ulang. di lingkungan saya berada banyak botol yang asal di buang di sembarang tempat, hanya pemulung yang karena butuh ama itu botol dia jadi mengaisnya. padahal kalo kita lihat pemanfaatannya bisa jauh lebih besar.

    lagi soal akses air bersih.. akhir2 ini jadi makin miris. beberapa hari yang lalu saya yang bekerja di sebuah Instalasi pengolahan air bersih dibuat jengkel ama ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. bagaimana nggak jengkel mereka buang limbah di sungai bersamaan hujan untuk mengelabuhi masyarakat. padahal sungai tersebut yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari. termasuk untuk suplai air baku di instalasi tempat saya kerja. setelah ditest di lab. airnya benar2 tidak layak untuk dikonsumsi bahkan untuk diolah di sebuah Instalasi pengolahan air bersih.
    ehsan recently posted..Unskillful guy could manipulate awesome photo how it can

  2. Chudex's says:

    Sebuah kegiatan yang sangat membangun, tapi kenapa
    saya g denger yah kemarin itu yah?? (lagi muter2 kayaknya)
    Namun adakah berjalan terus akan kegiatan ini dan berpengaruh
    besarkah pada masyarakat pada intinya bukan pada
    promosi prosudknya?? secara saingannya sudah berani
    terang-terangan dalam ikhlanya dan juga
    ada produk baru yang juga harganya bersaing dan jenisnya sama
    bagaimana?? info yang bagus dan bermanfaat, thanks.

Leave a Reply

CommentLuv badge