dita's Pensieve

a place to store and review my random memories

Cinta Vs Agama

cinta-agamaSemua pada setuju ndak… kalau Agama merupakan salah satu batu sandungan paling mengganjal dalam setiap percintaan…

Lihat lah kesekitar kita, pasti ada aja khan, orang yang pacaran bahkan sampai menikah beda Agama, kalau mau diambil contoh yang paling nyata sebut saja Titi Kamal sama Christian Sugiono, Dewi Sandra sama Glenn Fredly (ini masih nikah apa udah cerai ya?) Lidya Kandau sama Jamal Mirdad, Amara dan Frans Lingua, dll dan tidak menutup kemungkinan, kalau pasangan beda agama tersebut adalah teman, sahabat atau bahkan saudara kalian semua…

Biasanya kalau masih pacaran, banyak yang cuek, mereka bilang “lihat ntar lah…” lha apanya ini yang lihat ntar??? liat ntar soal agamanya, liat ntar mau nikah apa ndak? lihat ntar bagaimana kata orang tua? lo lo loh…. jadi pacaran buat main-main ajaa?

Atau justru “ntar kan salah satu pindah agama sebelom nikah…” Lalu agama buat main-main aja gituuuhhhh, bisa pindah-pindah cuman karena nikah…

*lha ini kok malah kayak gag memberikan solusi* :|

Dan rasanya kalau mau setia terhadap dua-duanya, sayang sekali belom diperbolehkan di Negara Indonesia tercintah kita ini,,, jadi kalau mau nikah beda agama kudu harus ke luar negri dulu, yang notabene banyak makan biaya juga domz ah.. Kecuali salah satu mau menekan Ego nya buat menikah dengan agama pasangan, sementara sebenarnya mereka tetep dengan agama masing-masing setelah menikah.

Nah balik lagi ke masalah pacaran beda agama, biasanya saat kita punya pacar yang beda agama sama kita, kita dihadapkan pada 4 pilihan:
1. Menikah beda Agama
2. Si Cewe pindah ke Agama Cowoknya
3. Si Cowo pindah ke Agama Ceweknya
4. putus

nomer 1 sampai 3 menurut saya adalah pilihan sulit, karena gimana pun pasti salah satu keluarga akan ada yang keberatan.

kata-kata seperti ini akan banyak keluar:

“Kalau kamu kawin sama dia, papa gag anggep kamu anak papa lagi!”

“langkahi dulu mayat bapak, baru kamu kawin sama dia!!”

Selain itu, taro lah kalian berhasil merebut hati orang tua kalian dan berhasil menikah dengan Agama masing-masing, keluarga kalian aman tentram dan damai… sampai pada suatu saat kalian memiliki anak-anak yang luchu, masalah kedua akan dimulai… akan ikut agama siapa anak-anak tersebut? Agama Ayah, atau Agama Ibu?? (kecuali hal ini telah diperjanjikan sebelum-sebelumnya) soalnya anak-anak yang orang tuanya beda agama akan sulit sekali menentukan pilihan agama mana yang akan ia ikuti, kecuali kalau kedua orang tuanya sama-sama pemeluk agama yang taat dan terkadang mengajarkan kedua agama tersebut kepada anaknya, sehingga ketika ia cukup umur, si anak bisa menentukan pilihannya sendiri… Lalu bagaimana dengan orangtua yang agamanya tidak terlalu kuat, cuman terlalu egois untuk melepas agamanya dan pindah ke Agama pasangan. Si Anak akan lebih terombang ambing lagi, seperti misalnya ayah Kristen, ibu Islam, Ayah jarang ke Gereja, dan Ibu jarang Sholat 5 waktu. Bisa-bisa anaknya beneran jadi tidak punya agama, karena tidak ada yang membimbingnya sejak kecil.

Duh seperti nya ribet yaa… Saya sendiri dan kedua sahabat saya pernah mengalami hal ini (pacaran beda agama) dan untungnya ndak sampai serumit ini (bukan pacaran yang jelas serius mau nikah dan bingung akan dibawa kemana hubungan ini…)

Kalau kata orang, yang rumit-rumit seperti ini lebih dihindari, kecuali udah punya persiapan matang, bagaimana kedepannya nanti. Jadi sebelom keburu jatuh cinta, lebih baik dihindari menyukai yang berbeda agamanya dengan kita…

Lha masalahnya, cinta datang tak diundang, menyelip masuk begitu saja ke hati kita…

lantas kita harus gimana??

*ini intinya aapaaaaan dittt…??* toh sebenernya bagi saya semua agama itu baik… :D

———————————

menurut kalian kalau kalian dihadapkan pada pilihan antara Cinta dan Agama, akan memilih yang mana? dan kalau milih kedua nya, solusi apa yang akan atau telah dilakukan?

*iya saya tau ini postingan lama saya di ngerumpi*

36 Comments on Cinta Vs Agama

  1. Tasha
    October 21, 2010 at 9:53 AM (3 years ago)

    aduh, sama nih saya juga lagi dilema. pilih mana ya… :p
    help dong… hihihi

    Reply
  2. INTAN ALONK
    December 7, 2010 at 3:08 PM (3 years ago)

    jd gug boleh niee pcran beda agama??????????????????????????????

    Reply
  3. vee
    April 12, 2011 at 4:49 PM (3 years ago)

    mungkin udah basi banget kalu aq komen,,
    tp saran qu..kalu masih belum terlalu lama n terlalu jauh berhubungan lebih baik di akhiri saja jika memang tidak ada yang mau mengalah..

    dalam waktu dekat, aq akan menikah n kami sudah memikirkan ini sangat matang n dengan pertimbangan yang sangat berat,,yah apa lagi kalu bukan nikah 2x dengan 2 agama yang berbeda n bersiap di buang dari keluarga..

    aq mungkin tidak ingin merasakan cinta jika aq mengetahui dari awal semua cinta ini akan berakhir seperti ini..

    Reply
  4. Anita
    May 7, 2011 at 9:02 PM (3 years ago)

    Wah ribet yah nikah beda agama ?? klo nikah pake souvenir pernikahan apa??

    Reply
  5. Nn. Djank
    April 12, 2012 at 11:02 AM (2 years ago)

    huft, memang susah ya klo dah ky gtu. apalagi aku k2 pihak ortu dah stuju tinggal mlangkah saja tp keduanya pun msh bimbang dg agama.. sdangkan mau menetapkan slah satu pilihan agama tp mendengar orang banyak yang mencela.. bingung..

    Reply

1Pingbacks & Trackbacks on Cinta Vs Agama

Leave a reply

CommentLuv badge