Beli RBT XL di Carrefour

XL CarrefourSiapa yang suka pakai Ring Back Tone (RBT)?

Walau saya selama ini tidak pernah sempat untuk mengaktifkan RBT, tapi Bapak saya adalah salah satu pelanggan setia. Kalau saya menelepon beliau, bisa dipastikan saya mendengar lagu-lagu oldies a.k.a sweet memories sebelum saya bisa tersambung dengannya, sebagaimana lagu-lagu yang selalu beliau putar di dalam mobil.

Rabu 17 Juli 2013 kemaren di Carrefour Lebak Bulus, XL (PT. XL Axiata Tbk) dan Carrefour (PT. Trans Retail Indonesia) bekerja sama membuka saluran baru penjualan konten dan aplikasi melalui gerai-gerai Carrefour yang tersebar di berbagai kota di Indonesia (83 store), demi semakin mempermudah pelanggan untuk mendapatkan konten yang diinginkannya. Kalau sebelumnya tuh, kan kita udah biasa ya beli pulsa di Carrefour/atau supermarket lainnya, nah sekarang gak cuma bisa beli pulsa, tapi kita juga bisa sekalian mengaktifkan RBT. Konon, kerja sama ini adalah penjualan pertama melalui ritel modern di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Ssttt… Yang nge-demo-in gimana cara beli RBT nya di kasir tuh mba Ikke Nurjanah yang penyanyi danggut terkenal itu loh… :3

XL-Carrefour

Pada tahap awal karena masih baru dimulai, baru sebatas RBT yang akan dipasarkan melalui Carrefour. Tapi selanjutnya, tidak menutup kemungkinan katanya XL  juga akan memanfaatkan saluran baru ini untuk memasarkan produk layanan digital lainnya seperti antara lain Games, paket chatting, full track download, dan lain-lain. Yeay..

Prosesnya pun gak sulit, saat melakukan pembayaran di kasir, kita akan mendapatkan masa berlangganan sesuai yang dibeli. Setelah transaksi, kita akan mendapatkan SMS notifikasi. Untuk memilih lagu yang diinginkan (ada puluhan ribu lagu di database XL), pelanggan menggunakan menu UMB *123*27#. UMB ini khusus untuk pembelian melalui modern channel.

Harga pembelian melalui Carrefour ini sangat special dan terjangkau bahkan lebih murah dibanding harga pembelian RBT melalui channel lain. Mulai dari Rp 500,- untuk berlangganan selama 2 hari, Rp 1,000,- untuk 4 hari, Rp 3,000,- untuk berlangganan seminggu, untuk berlangganan RBT selama sebulan, pelanggan hanya dikenakan Rp 6,000,- dan Rp 10,000,- untuk berlangganan selama dua bulan (harga sudah include PPn).

Selama ini, RBT XL telah memiliki pelanggan sekitar 6,5 juta dan ada 100 partner sebagai penyedia layanan RBT. Lagu yang tersedia pun ada jutaan. Sebelum ditambah channel penjualan melalui Carrefour, penjualan RBT XL dilakukan melalui channel UMB, SMS, WAP, WEB, IVR, DTMF (copy RBT), Dompul, dan RBT Agent. Dengan adanya tempat pembelian RBT di Carrefour dimulai dari harga Rp 500,- semudah membeli RBT dengan menggunakan uang kembalian belanja kita, gak usah capek-capek ngerogoh duit dari kantong/dompet. Eh tapi kalo saya mah emang langganan beli pulsa tiap belanja bulanan/2 mingguan di Carrefour. :lol:

Mba Dian Siswarini Chief of Digital Services XL mengatakan kalau kerja sama dengan Carrefour ini merupakan salah satu upaya XL dalam mengembangkan saluran pemasaran konten, khususnya RBT melalui modern channel dan bentuk komitmen dari XL untuk mengembangkan industri digital, khususnya musik digital ditengah lesunya penjualan fisik (CD atau Kaset). Kerjasama ini dengan salah satu jaringan hipermarket terbesar di Indonesia sekaligus mengawali pemanfaatan jaringan ritel modern di masa mendatang.

Menyetujui penuturan Dian, Jusak Sutiono, perwakilan dari Label mengatakan bahwa langkah XL membuka penjualan konten, di hipermarket besar seperti Carrefour ini sangat bagus. “Kami mendukung sepenuhnya. Ini sebuah langkah konkrit yang kreatif dalam mendukung musik Indonesia, dan juga sebagai salah satu upaya untuk meyakinkan juga kepada masyarakat bahwa RBT adalah produk yang aman dan mengutamakan kualitas.

Hal tersebut ditambah keseruannya ketika launching dengan datangnya beberapa wakli dari band yang sudah terkenal, dan juga band baru (baru?? Lo aja yang gak tau kali Dit) Yang jelas ada performance dari De Neno (yang mana personilnya ganteng-ganteng), dan qasidahan(?) dari Ghama 1.

De Neno

De Neno

Ghama1

Ghama1

Anyway, Mumpung masih masa Launching, yang suka memasang RBT, buruan dateng ke Carrofour terdekat, karena dari tanggal 17 hingga 31 July 2013 ada Free mengaktifkan RBT.

Hmm… Pasang RBT apa ya enaknyaaa… Kamu RBT-nya apa?

One comment

Leave a Reply

CommentLuv badge