Bajakan atau Asli? Asli donk ah..

bajakan-asliTerinspirasi sama status twitter seorang teman sore tadi yang berbunyi:

Pantesnya menurut lu Harga CD asli brp? buat yg beli bajakan, kenapa lu beli CD bajakan? #CURIOUS

Nah nampol banget kan.. Tentu saja setelah itu, saya membalas tweetnya dengan kalimat:

buat ku CD musik asli terutama indo maksimal 50 rebu… Beli bajakan cuman buat musisi luar aja…

Sebenernya, jawaban saya tadi masih panjang kalau diterusin di twitter, makanya kenapa tidak dijadikan suatu postingan saja :D *postingan curhat gituu*

Bagi saya pribadi, musik itu hukum nya WAJIB. Buat nemenin macet dijalan, nemenin belajar, nemenin posting blog, nemenin nyuci piring, mandi, tidur, hampir semua kegiatan pasti pake latar belakang musik (sampe-sampe kalau punya rumah sendiri ntar, pengen bikin yang pake music suround ke seluruh rumah gituuu), jadi kalau tanpa musik dunia terasa hampa *tsaaahh*.

Nah, Dari mana musik yang saya dengar tersebut?? berhubung selera musik saya sendiri agak aneh, jadi saya ndak perlu khawatir soal CD-CD yang harus saya beli toh jumlah nya sedikit ini, lagian saya tipe fanatik, jadi kalau udah suka penyanyi nya, mau lagu nya bagus kek, jelek kek, ndak peduli.. Yang penting CD nya di beli dulu.. :lol:

Lanjut… Bukan berarti seumur-umur ndak pernah donlot bajakan.. ohohoho… sering banget tentunyaa.. tapi ada satu lagi yang saya jadikan prinsip, yaitu boleh donlot, asal CD asli tetep di beli (tapi hanya berlaku untuk musisi lokal saja), soalnya saya pengguna netbook yang notabene gak punya tempat buat masukin CD, jadi koleksi CD hanya bertahan di mobil saja :D Duh, kalo hari gini, ngeluh harganya mahal, ke laut aja deh loo… bukan nya sok moralis apa gimana, toh harga musik LOKAL juga gak semahal CD-CD penyanyi luar kaaaann…

Masih bagi saya, beli CD/KASET/DVD/RBT musisi lokal itu salah satu membantu mereka mengembangkan karir dan terus berkarya menciptakan lagu-lagi indonesia yang berkualitas. Toh kita sebagai bangsa Indonesia kan ikut ngerasa bangga kalau musisi kita terkenal di dunia, sekalian membawa harum bangsa kita juga kan. Nah salah satu caranya menurut saya adalah dengan menghargai karya mereka. Hal terparah yang sering saya lakukan adalah, membeli CD musik lokal (terutama yang indie) tanpa tau lagu-lagu nya (apalagi kalo kenal sama penyanyinya) yang penting niatnya tulus, tapi toh setelah dibeli dan dingerin seringnya sih jadi suka juga sama penyanyi/band nya, eh lanjut keterusan beli-beli lagi deh.

Ok, sekarang ada ada yang nanya sama saya, “duh dit, kan dalam 1 album itu banyak lagunya, sedangkan gw gak suka semua, paling cuman 1 atau 2 lagu aja. Paling banter 5 lagu deh. berasa rugi gw kalo beli kaset/CD nya.”

dan saya jawab, “kenapa ribet banget sih? kan sekarang ada Langit musik.”
“lo pake telkomsel ndak? kalo pake lo kan bisa langsung donlot. murah pulak, cuman Rp. 5000 per lagu. ”
“tinggal donlot lagu yang lo suka, jadi gak rugi beli 1 album”

Baiklah, kita biarkan saja dulu teman saya yang pusing itu. Biar itu jadi urusan saya sendiri. Nah buat yang masih penasara biar kita gak pusing, mari dilanjutkan dikit penjelasan tentang Langit Musiknya…

langitmusik

Jadi gini, kalau situ pake Telkomsel (iyaa.. harus telkomsel) tinggal masuk ke situs ini (kalau situ lagi buka laptop atau komputer, kalau pake HP langsung juga bisa pake WAP, sms, atau *616#), terus harap punya pulsa ya di HP nya, kalo gak punya ya sama aja boong :lol: oh iya, bisa juga pake T-cash sih. Lanjoot… nah setelah masuk situsnya, kita bisa pilah pilih deh mau donlot lagu yang mana, berbagai jenis musik ada disitu, yang pastinya LOKAL punyaa.. kalo udah tau mana yang dimau, tinggal donlot deh. Nah format yang kita donlot ntar bukan MP3, melainkan DCF buat handphone, atau WMA buat komputer yang tentu saja masing-masing udah dibundel dengan DRM atau Digital Rights Management. Ntar kalau kita udah donlot, kita dikasih kode lisensi (aktivasi) buat ngebuka file nya (kayak kalau kita instal software tuh, kan ada kode aktivasinya).

Yang berati legaaalll, musik yang kita donlot itu legal.. (beda deh rasanya dengerin musik yg legal sama bajakan hihihi… lebih nikmat gituuu)

Udah gitu yaa, jangan takut kalo musik-musiknya gak enak atau katrok, sebab situs Langit Musik ini, lagu-lagunya resmi dari berbagai perusahaan terkenal di Indonesia seperti, Aquarius, Sony Music, Warner Musik, Musica Studio, dll jadi gak perlu khawatir.

Seperti yang saya bilang diatas, untuk satu lagu, kita cukup keluar duit 5000 perak saja, gak malah kan, apalagi 5000 itu udah termasuk biaya koneksi jaringan, jadi kita buat donlotnya gak dikenakan bayaran lagi… cihuy gak tuh.. tapii, kalau kebetulan situ lagi gak punya pulsa banyak, bisa sewa lagu seharga 3000 rupiah saja untuk selama 1 bulan lamanya, kalau ceritanya software/game tuh kayak masa percobaan gituu.. bisa dipake selama sebulan, abis itu gak lagi. eh, tunggu dulu, jangan ngerasa rugi dulu. Pasti banyak kan yang suka bosenan, nah, buat yang pembosan, nyewa lebih untung tuh kayaknya, jadi bulan depan kan bisa beli lagu baru lagi deh, yang lama cukup di delet, dari pada menuh-menuhin memori HP, iya gak? pengen lebih jelas, buka aja ini (gambar) disitu dijelasin sejelas-jelasnya.

Cuman, sekarang Langit Musik ini masih punya 1 kekurangan, file nya tersebut belom compatible buat perangkat BlackBerry atau iPhone yang lagi ngehitz dikalangan muda-mudi masa kini.. semoga kedepannya makin yahud, sehingga yang blekberian macam saya, bisa ikutan donlot legal di HP (sementara ini sih udah donlot buat di HP yang satu lagi)

Oh iya, kalau buat saya pribadi, donlot gini, lebih nampol dibanding RBT, soalnya, kalo RBT buat memuaskan telinga orang yang kebetulan langganan nelpon ke HP saya, kalo yang ini, dapat memuaskan telinga saya sendiri, jadi adil gitu loohh… kalau pengen tahu lebih lanjut, bisa baca-baca faq nya duluu…

“oooo jadi langit musik itu kayak iTunes nya indonesia donk…” kata teman saya…

eymber cyiiinn… emang kayak gituu, toko musik digital… hihihi… gampang kan, gak usah susah beli CD ke toko musik udah beli aja musik yang kamu suka :) hari gini, malu kalo masih donlot musik lokal bajakan… :mrgreen:

20 comments

    • dita.gigi says:

      betooolll lagu bule mah dibajak ajaahh…

      langit musik emang khusus lokal say, kan mau memajukan musik Indonesia gitu loohh :D

  1. asop says:

    CD asli dooong!! ^_^
    Harga emang sebanding dengan kualitas suara. Kalo semisal kualitas suara cd/mp3 bajakan sebagus CD asli, mungkin saya milih bajakan…. :D:D

Comments are closed.