Aku. Papa. dan Rambut Panjangku.

Ayo coba para wanita disini tunjuk tangan… Siapa yg dulu waktu kecil (atau bahkan sampai sekarang) yang kalau mau potong rambut SUSAAAHHHH banget turun izinnya terutama dari BAPAK… Kadang banyak juga ibu-ibu yang tidak ingin anak perempuannya potong rambut, tapi sejauh ini, yang bener-bener berkuasa penuh atas rambut panjang putrinya adalah seorang bapak….

Bener apa salah?? *kedip-kedip*

Apakah benar seorang bapak punya “fetish” yang aneh terhadap rambut panjang anak perempuannya?? Kenapa rata-rata bapak yang punya anak perempuan seneng ngelihat rambut anak perempuannya panjang, gag dipotong model macem-macem… Mungkin membayang kan anaknya kayak putri-putri di negri dongeng gitu ya?? *mulai menghayal yang tidak-tidak*

Saya tahu, rambut memang mahkota terutama buat para wanita… Tapi alasan apa sih yang sebenernya ada di balik kisah seorang bapak dengan wambut panjang anak perempuannya?? sampai sekarang saya masih tidak mengerti…

Bila ditanya, biasanya seorang bapak akan bilang

“Perempuan cantik bila berambut panjang” >> lha ini doktrin para pria…

“Kalau rambut pendek, kelihatan seperti anak laki-laki” >> sebenernya tidak juga bukan, toh masa mau potong cepak, atau pendek seperti tentara?? Pendeknya anak perempuan tentu saja di bob manis, atau sekedar sebahu… seperti itu tidak seperti anak laki-laki bukaaan?

*Maaf ini sebenernya curcol*

Waktu kecil saya tidak boleh potong rambut, dan bila mau ngerapihin buntut tikusnya (rambut yang ujungnya sudah tidak rata) cukup dirapihkan oleh mama (parah bener yaaa). Jadilah saya memiliki rambut panjang sePAHA. Akhirnya saya baru boleh memotong rambut yang panjangnya tiada tara itu ketika saya masuk SMP… Itupun mengemisnya sudah seminggu penuh… Dan hanya boleh dipotong sampai sepunggung saja -dengan tetap tanpa model macam-macam-

Awalnya saya pikir hanya saya yang mengalami hal tersebut, ternyata ada beberapa teman saya yang juga begitu, walau berbeda-beda tipenya, ada yg memiliki potongan rambut pendek (ternyata dia nekat potong sendiri, begitu ketahuan langsung dibawa kesalon untuk merapihkan bentuk rambutnya yang acak adul) ada yg sedang-sedang saja (ternyata menurut dia segitu udah panjang, sebab dia ndak boleh potong lebih dari itu), ada juga yang balapan panjang rambutnya sama saya (berarti bapak kami setipe).

Tapi ya itu jaman saya kecil dulu… Kalau sekarang kayaknya udah banyak deh anak perempaun yang rambutnya pendek-pendek dan modis… Mungkin bapak-bapak sekarang sudah mulai berkurang “fetish”nya terhadap rambut panjang :D

Atau anak sekarang yang sudah terlalu banyak akalnya dalam menciptakan alasan yang masuk akal bagi bapak nya… Who knows… yang jelas saya dulu bener2 gag boleh potong rambut… Pernah saking sebelnya saya nangis ngurung diri sendiri dikamar… *Mewek kalo inget-inget betapa bodohnya hal itu*

Btw, barang kali ada yang penasaran dan bertanya-tanya (GR mode: ON), rambut saya sekarang sebahu dengan model Bob :p


——————————-

Nah bagi kalian para wanita yang masih single dan belom punya anak, apakah kalian dulu juga begitu, kalau mau potong rambut harus diem-diem, atau membujuk Bapak dulu sampai akhirnya boleh potong walau cuman seujung doank, dll?

bagi yang sudah menikah dan punya anak perempuan, apakah suami anda melakukan hal yang sama dengan bapak anda dulu, yaitu gag mau rambut anak perempuannya dipotong terlalu pendek? atau malah boleh potong pendek?

buat yang laki, bila kalian punya anak perempuan kelak atau bagi yang sudah punya anak, apakah ingin anaknya memiliki rambut panjang, atau boleh terserah mau potong model apa asal cocok? lalu apa alasannya?

3 comments

  1. icit says:

    waaah, aku banget nih dit. sampe sekarang malahan.
    sebenarnya kedua orang tua, tapi memang bapak yang paling riwil soal gak ngijinin potong
    Tapi sekarang karna jauh, ya suka2 aku lah mau motong sependek apapun.

    Kadang-kadang kalo sekalinya pulang kampung ketemu rambutnya pendek, diceramahin dikit.. bhihik
    Dan dia pake alasan “kenapa rambutnya dipotong2 gitu, mau diliat2in ke orang2″, maklum ya pake kerudung.
    Terus aku jawabnya “Memang bapak merasa aku terlihat cakep kalo aku rambut panjang apa pendek? panjang kan? Nah kalo aku mau gaya rambut buat diliat2in ke orang, harusnya aku pake style panjang dong biar cantik”.
    Dasar aku anak pinter jawab ya.. :))

    Tapi aku sekarang mau panjangin rambut.. biar peminin (pake P) :)
    icit recently posted..Nongkrong Unite

  2. Honey says:

    kebalikan ma aku mbak, waktu kecil aku potong rambutnya kayak laki2 mulu…alesannya sih biar gampang ngerawatnya. Trus udah gede baru deh mulai manjangin rambut.
    sekarang udah punya rambut panjang juga disuruh potooong terus, hehe….

Leave a Reply

CommentLuv badge