Aku Cinta Komik Indonesia

SANY0455

hari kamis kemaren, pas habis buka bersama rombongan sirkus, ceritanya dita ke toko buku pengen nyari buku (ya iyalah, masa nyari sayur) buku yang dicari ndak nemu, eh malah tertarik sama gambar depan sebuah komik.

lho lho… apa ini?? kok gambarnya kayak wayang gitu? judulnya pake kata-kata garuda pulak? ternyata komik tersebut emang bikinan orang indonesia…

lihat ke pojok kanan atas, apaan tuh? kok ya ndak familier sama penerbitnya. jangan2 bajakan lagi… Huh! anti banget deh beli bajakan, sebab beli komik bajakan itu artinya kita ndak menghargai si pembuat komik.

bagi dita, kalo lagi punya uang, beli komik bikinan dalam negri itu wajib hukumnya, demi memajukan perkomikan indonesia, kalau lagi ndak punya uang, hukum nya sunah.. XD soalnya menurut beberapa temen yang komikus. jadi pengarang komik di Indonesia itu ndak menghasilkan duit… kasihan kan…

nah oleh karena itu dita memutuskan untuk melihat lebih lanjut tuh si buku garuda apa itu… dibolak-bolak dah tuh komik, eh pas liat sampul belakangnya, ternyata terbitan M&C. makin bingung lah awak… mana yg bener, koloni apa m&c!

ah ya sudah ngapain bingung, udah jelas bukan bajakan langsung masuk kantong belanjaan.

sesampainya dirumah, dita langsung baca n hasilnya… JATUH CINTA BERAT!! ternyata ceritanya keren betul… *ripiw dibawah* dan gara2 baca Garudayana ini, dita jadi pengen beli buku karangan komikus indonesia lainnya… dan sukseslah dita mampir lagi ke toko buku hari ini. lalu membeli Satu Atap dan Best Friends.

setelah membaca ketiganya. karena penasaran, langsung gugling deh tentang Koloni ini. apaan sih koloni itu?

jadi Koloni ternyata merupakan sub-Brand dari m&c! yang khusus menaungi komik2 Indonesia. kalau mau tau lebih jelasnya baca ini aja (notes dari pesbuk page nya m&c!). ternyata tanggal 6 Agustus kemaren, baru aja diluncurkan 8 judul komik buatan para komikus negri ini. dan 3 diantaranya sudah daku beli… tinggal 5 lagi nih. XD

nah dimulai dari Garudayana – Is Yuniarto

5893_129276412737_61401692737_3166314_4387506_n

menceritakan tentang keturunan terakhir garuda sang raja langit yang di panggil garu. diceritakan dengan sangat luchu, dan baik. ceritanya sendiri diadaptasi dari dari cerita Mahabaratha. terlihat dari tokoh2nya: Arjuna, Nakula, Ashura, Kurawa, Yudhistira, Gatot kaca???. lalu juga ada gareng, semar, petruk, bagong. gambarnya bagus, detilnya bagus, adegannya hilarious. garu nya sangat menggemaskan. komplit deh pokoknya, jadi ndak sabar nunggu buku ke 2 nya… pokoknya worth to buy banget! nyesel kalo ndak punya nih buku.

tokoh utama wanita disini bernama Kinara, dia adalah seorang pemburu harta karun. kirana rupanya ditakdirkan untuk bertemu sama garu dan melindunginya sampai garu cukup dewasa dan menjadi raja langit. bagaimana petualangan mereka selanjutnya?? baca sendiri di komik nya yaa…

selanjutnya Satu Atap – Azisa Noor

5893_129281747737_61401692737_3166546_2859578_n

satu atap mengisahkan tentang Putri yang memilih untuk ngekos di bandung, dari pada ikut orang tuanya pindah kerja ke kongo. lewat bantuan neneknya, dia diberikan alamat sebuah kos. dan ternyata kost tersebut bukan lah kost biasa. kost tersebut adalah kost khusus untuk ‘bukan orang’ mahluk-mahluk seperti apakah para penghuni kost tersebut? baca sendiri yaa…

gambarnya bagus, jalan ceritanya juga bagus. menceritakan tentang kehidupan anak kost yang berbeda ‘ras’ putri yang pada dasarnya sangat baik, mandiri dan senang berteman. menjadi minoritas di kost tersebut sebagai orang sementara penghuni lainnya ‘bukan orang’. putri berteman baik dengan seluruh anggota kost, padahal awalnya tidak semua bisa menerima kehadiran putri di situ.

tapi ada yg mengganjal di komik ini, seakan2 ceritanya masih akan bersambung (mudah2an beneran bersambung, soalnya bagus) karena cerita yg endingnya ngantung :D

yang ketiga Best Friends – Gita Juwita

5893_129276407737_61401692737_3166313_7281682_n

menceritakan tentang 3 sahabat yang memiliki sifat yang berbeda-beda, tapi saling melengkapi satu sama lain, dengan kisah percintan nya masing2, tak lupa juga dengan kisah persahabatan nya itu sendiri. seperti pilih sahabat atau pacar, dan lain2. ceritanya cukup bagus karena real banget, kita (apalagi sebagai cewe) pasti pernah ngalamin semua yang ada di komik ini, seperti ngegebet cowo, berantem sama sahabat, ngerayain sweet seventeen, pasti pernah domz…. makanya seru banget pas bacanya, karena berasa muter balik cerita2 seru diri sendiri bersama sahabat… :)

apalagi yaaa?? baca sendiri aja yaa… :lol:

yak sekian bincang2 tentang buku bersama dita…  XD kalo udah beli 5 buku lainnya ntar dita ripiuw lagi disini…

pesannya… buku2 diatas wajib baca punyaa… soalnya seru dan karya anak bangsa… :D

25 comments

  1. Pitra says:

    Sudah lama tidak berhubungan dgn dunia komik Indonesia (kecuali Sabtu sore ini karena diundang jadi tukang ngomong di Aksara Kemang).

    Azisa produktif juga dan masih bertahan membuat komik ya. Kenal dia dari zaman dia masih SMA dan belajar buat komik.

    Mudah2an saja bisa bertahan selanjutnya. Karena biasanya gak ada yg bisa bertahan lebih dari 3 edisi :D Entah itu karena komikusnya, atau karena penerbitnya. Ujung2nya sih tetap masalah duit karena bukunya tidak laku.

    Coba juga cari komik grafis Cerita si Lala deh. Komik adaptasi dari blog. Ini juga keren. http://book.store.co.id/Cerita_Si_Lala_buku_12627.html

    Plus baca 3 komik tentang Facebook di post saya yg terakhir.
    .-= Pitra´s last blog ..Aku Ber-Facebook Maka Aku Ada =-.

  2. ipied says:

    eh jaman dulu saya bikin komik, distribusinya masih bergerilya, underground. produksi cukup fotokopi. dg kertas hvs biasa atau warna. rentan pembajakan karya? justru malah kita suka dbajak! makin bnyk yg menggandakan makin bnyaklah karya kita :D hehehe sangat membantu masalah produksi tho?

  3. -tikabanget- says:

    dulu diriku pernah gabung di komunitas MKI (Masyarakat Komik Indonesia).
    Yang namanya Komik Indie ituh buwanyaaaaakkk..
    Sayang, secara pendanaan ndak begitu mampu buat memasarkan lebih luas.
    Plus habit orang kita yang terbiasa liat komik terbundel rapi dan eksklusif, padahal rata-rata komik indie diperbanyak lewat potokopi.
    Cuma dikit yang ditarik ke penerbitan macam Mizan dll.
    .-= -tikabanget-´s last blog ..Fertitest di Apotek ituh.. =-.

  4. Seika says:

    Karena statusnya masih kayak pilot project kan, masih peluncuran perdana dan nggak jelas tanggapan pasar. Tapi kalau banyak yang dukung mungkin bakal terbit lanjutannya tuh.

  5. Rizal says:

    Sepertinya cukup menarik ya… setelah selama ini kita di bombardir dengan komik – komik dari Negeri Sakura :)

    Dah lama juga nggak lihat komik Indonesia setelah era Petruk dan Gareng di tahun 90-an ha ha ha…

    Khusus yang GARUDAYANA… kalau melihat COVER nya… tampak seperti komik Jepang ya :)
    Teknik gambar tokohnya itu maksud saya he he….

    Untuk kreativitas cerita sih (walaupun belum baca) saya sama sekali nggak meragukan Kreatif nya Bangsa Saya kok :)

Comments are closed.