#AkberJKT Online Business oleh @achmadzaky

3th_logoPada 25 April 2013 lalu, Saya datang ke kelas Akademi Berbagi Jakarta tentang Online Business, yang bertempat di Kantor Buka lapak di Gedung Graha Prawira Lt.1, Jl. Mampang Prapatan no. 18 dan diajar oleh Achmad Zaky owner Bukalapak.

Kelas dibuka Pak Guru Ahmad Zaky dengan menceritakan sedikit kisah hidupnya, ternyata jalannya bisa sampai sekarang seperti ini gak pernah di plan sama sekali. Semua terjadi dan berubah-ubah setiap bertemu orang lain. Buka diri karena bisa saja suatu pertemuan sama orang (baru ataupun lama) akan merubah jalan hidupmu kedepan.

Jadi pengusaha baik online maupun offline ketika baru  dimulai, tidak ada garansi bahwa akan untung terus, bisa saja rugi. Nah kita jangan langsung nyerah. Katanya lagi, biasanya sebelum jadi pengusaha, banyak orang jadi “follower” dulu (pekerja).

Berikut 7 Lesson of Ecommerce Business, yang dirangkum dari pengalaman Achmad Zaky jatuh bangunnya bikin Buka Lapak:

1. Find the right produk! Focus on your position.
Orang yang sukses tidak memulai langsung dari banyak hal, kecuali bila modalnya besar.
Kalau kita Low Margin, tapi High Volume barang » be follower, be distributor.
Kalau High margin tapi Low Volume » you must have unique & rare item.
If you have High Margin and High Volume » Find something here (High Fashion, misalnya: Hermes).
Kalau Low Volume Low Margin juga » mending cari usaha lain aja.

2. Get competitif price! Scale your business & find good suplier.
80% shopper memilih belanja online karena harga yang kompetitif. Dengan memiliki Online Business kita bahkan tidak memerlukan kantor, barang bisa di pusatkan di satu tempat. Sekarang ini malah ada tren dropship/banting harga, rugipun gak apa asal ngedapetin first customer. Berdasarkan hukum permintaan penawaran maka » perbanyak order, tingkatkan skala, dapatkan harga murah. Kalau customer sudah banyak, harus dimaintain, jangan malah sombong dan nyuekin pelanggan ya.

3. Attract with great photo! Beautiful, detail, contextual.
Ada barang-baran yang butuh foto bagus agar terjual. Misal jual Handphone (atau barang lain juga bisa) pas di foto, coba taruh korek api (barang pembanding lain) disampingnya untuk perbandingan ukuran.

4. Focus on customer satisfaction! Fast delivery/response, good package, more than expected, nice communication, after sales.
Marketing mungkin gak akan kepakai selamanya. Menggunakan strategi marketing diawal mungkin bagus buat awal usaha, tapi perhatikan  beberapa hal tadi agar usaha langgeng. Daripada fokus ngedapetin pelanggan yang banyak, mending fokus di pelanggan yang sudah dimiliki. Mending mana punya pelanggan 5 tapi beli tiap hari, atau punya pelanggan 100 sekarang tapi belinya setahun sekali? :)

5. Manage your sales channel! Focus only few but strong channel, use social media, build content.
Boleh punya semua kanal media, tapi fokuskan di kanal yang membawa pembelian paling besar. Di awal coba segala channel social media yang ada, lalu perhatikan mana saja channel yang lebih menguntungkan, kan banyak tuh cara buat nge-track visitor/traffic, pergunakan secara maksimal.

6. Be active & responsive! Build connection with your customer.
Bila ada keluhan langsung atasi dan jangan ditunda-tunda. Bila ada keterlambatan pengiriman, sampaikan permintaan maaf

7. Trust data, do analysis! Gunakan Google Analytics, Google Trends, Product Trend.
Seperti yang sudah disampaikan juga di poin 5, gunakan segala free tools yang ada, untuk analisa, dan gunakan kata kunci yang spesifik untuk memudahkan pencarian di google.

Setelah menyampaikan 7 hal tadi, kelas memasuki sesi tanya jawab, dan tak terasa malam pun semakin larut. Dengan demikian berakhirlah kelas Akber Jakarta malam itu. Sekian tulisan saya merangkum materi kelas yang disampaikan, sampai jumpa di postingan lain mengenai sharing kelas-kelas Akber dilain waktu. :mrgreen:

2 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge