A Love Journey with The Cardigans

Ketika tahu bahwa The Cardigans akan hadir di Indonesia, tepatnya Jakarta, saya kaget banget sekaligus senang sekali. Karena selama ini saya hanya dapat mendengar suara Nina Persson sang vokalis yang segar dan manis dan memiliki gaya berbeda dari band pop lainnya itu, melalui radio-radio kesayangan dan kaset-kaset the Cardigans yang saya miliki sejak kecil. Apalagi The Cardigans hanya memilih Jakarta sebagai kota satu-satunya di Asia Tenggara yang akan mereka datangi kali ini.

Film Romeo + Juliet yang diperankan Leonardo DiCaprio dan Claire Danes adalah moment pertama kali saya jatuh cinta dengan band ini. Lagu Lovefool melekat kuat diingatan hingga sekarang ini, dan terkadang dari bibir saya masih keluar senandung lagu itu. Setelah mendengar Lovefool, timbul keingintahuan saya akan band ini dan mulai mengkoleksi album-albumnya, yang saat itu masih berupa kaset.

Apakah ada yang masih belum mengetahui band The Cardigan ini?

The Cardigans adalah Swedish Rock.yang terbentuk dari tahun 1992. Dengan formasi awal Peter Svensson-Gitaris; Magnus Sveningsson-Bassis; Bengt Lagerberg-Drummer; Lars-Olof Johansson-Keyboardis; Nina Persson-Vokalis. Formasi ini tidak berubah sejak awal terbentuk hingga sekarang.

Album the Cardigans yang pertama saya miliki tentu saja “First Band on the Moon”. Saya langsung menjadi fans berat band ini, kenapa? Karena nuansanya yang dimiliki the Cardigans berbeda dari album ber-genre pop lainnya. Entah karena vokal Nina yang lembut, lirik yang catchy, atau entah apanya. Seketika saya pun jatuh cinta dengan lagu-lagu lainnya di album tersebut. Mungkin karena liriknya rata-rata tentang jatuh cinta dan patah hati, cocok dengan gelora kisah asmara remaja. #apeu

“Gran Turismo” termasuk salah satu album yang menemani saya beranjak dewasa. Lagu My Favorite Game yang sering di putar di radio-radio lokal menemani saya menempuh panjangnya perjalanan menuju kampus. Bila diperhatikan lirik dan warna musiknya, The Cardigans pun bertambah matang dari album-ke album, tapi tetap refreshing, cool and different seperti halnya Green Sands Original. Saya sih berharap suatu hari nanti the Cardigans akan mengeluarkan album lagi setelah album terakhirnya “Super Extra Gravity” di tahun 2005.

Walau ke-6 buah Album the Cardigans saya dengar seluruhnya, ada satu lagu yang paling membekas di dalam hati dan pikiran saya saat ini, Carnival dari album “Life”. Lagu ini sempat menemani saat-saat galau saya beberapa waktu yang lalu, karena lirik lagunya begitu mencerminkan perasaan saya.

“I will never know
cause you will never show
come on and love me now
come on and love me now” ~ Carnival

Semoga saat Green Sands & the Cardigans konser di Jakarta tanggal 14 Agustus nanti, saya bisa ikut menyanyikan lagu Carnival di barisan penonton sambil menggenggam tanganmu.. :3

7 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge